Besok, Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera Deklarasi Dukung Anies Capres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (FOTO Humas Pemprov DKI)

Bagikan:

JAKARTA - Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera akan mendeklarasikan dukungan mereka kepada Guberur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presien (capres) Pemilu 2024.

Ada sembilan orang yang menjadi deklarator mendukung Anies menjadi Capres 2024, yakni La Ode Basir, Dani Kusuma, Agus Nugroho, M. Iqbal Siregar, M. Ambardi, Mustaqiem Dahlan, Ajun Banda, Sukri Karjono, dan Muhammad Isnaeni.

Deklarasi dukungan kepada mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini akan dilakukan di Gedung Juang 45 pada Rabu, 20 Oktober pukul 13.00 sampai 15.00 WIB.

Saat dihubungi, koordinator deklarator Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera, La Ode Basir menyebut deklarasi akan dilakukan oleh perwakilan aliansi sejumlah 30 orang.

"Besok akan ada deklarasi dukungan Anies. Aliansi ini anggotanya ada di seluruh Indonesia. Tapi, kondisi (pendemi) begini tidak mungkin kumpul banyak. Paling 30 orang sesuai protokol kesehatan," kata La Ode Basir, Selasa, 19 Oktober.

La Ode Basir menganggap Anies layak untuk maju dalam kontestasi politik tingkat nasional. Sebab, kata dia, Anies merupakan kepala daerah yang potensinya paling menonjol.

Disinggung berbagai penghargaan yang diperoleh Anies selama memimpin Jakarta juga menjadi landasan aliansi ini untuk mendeklarasikan capres.

"Kita lihat keberhasilan beliau dalam memimpin Jakarta. Contohnya penataan kota yang lebih rapi. 23 janji kampanye Anies kan kelihatan, ada yang sudah dikerjakan, ada yang sedang berjalan," tutur La Ode Basir.

"Instrumen jelas dibuktikan dengan penghargaan-penghargaan dari lembaga kredibel. Banyak penghargaan, baik integrasi transportasi, kemudian bagaimana penataan jalan, pembangunan sarana, infrastruktur, dan menggerakkan masyarakat," lanjutnya.

Usai deklarasi, La Ode Basir menegaskan aliansinya akan mengawal Anies untuk berkeliling Indonesia. Mengingat, Anies pernah mengaku dirinya akan mengunjungi berbagai tempat di Indonesia setelah masa jabatannya habis pada 2022.

"Pascabeliau sebagai Gubernur DKI nanti kan akan jalan keliling Indonesia ya. Nah, bagaimana Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera juga menjadi wadah beliau untuk keliling Indonesia. Tentu kita akan memperkuat jaringan basis-basis massa seluruh wilayah Indonesia, dari kota sampai pedesaan," pungkasnya.