Oktober 2019 Elektabilitas Ganjar Jauh di Bawah Anies Baswedan, 2 Tahun Berikut Sejajar dengan Prabowo
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi satu-satunya tokoh yang elektabilitasnya konsisten naik. Bahkan Oktober 2021, elektabilitas Ganjar sudah sejajar dengan capres paling kuat saat ini, Prabowo Subianto.

Itulah hasil Survei terbaru dari Litbang Kompas. Media itu melakukan wawancara tatap muka sejak 26 September-9 Oktober kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Secara garis besar, Survei Litbang Kompas menangkap nama-nama lama masih mendominasi untuk menjadi pilihan warga dalam Pilpres 2024 mendatang. Belum muncul nama-nama baru dari lima kali survei yang sudah dilakukan Litbang Kompas.

"Artinya, pilihan publik terhadap tokoh yang dinilai layak sebagai presiden masih belum jauh berubah dalam kurun dua tahun terakhir. Sejumlah tokoh yang belakangan muncul di ruang publik lewat baliho belum mencuat ke permukaan," tulis Kompas dikutip dari Kompas.id bertajuk Siapa Capres Pilihan Publik Saat Ini?, Selasa 19 Oktober.

Hasil Survei Litbang Kompas

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo mendapat elektabilitas teratas dalam survei terbaru. Keduanya sama-sama memperoleh dukungan dari 13,9 persen responden pada berbagai daerah di Indonesia. Mereka dibayangi oleh Anies Baswedan (9,6 persen), Ridwan Kamil (5,1 persen), Tri Rismaharini (4,9 persen), Sandiaga Uno (4,6 persen), dan Basuki Tjahaja Purnama (4,5 persen).

Meski nama-nama utama yang muncul masih sama, perubahan mulai terjadi pada basis dukungan. Sejumlah tokoh mencatatkan penambahan dukungan, sementara tokoh lainnya justru mencatatkan fluktuasi perolehan dukungan publik.

Ganjar Pranowo satu-satunya tokoh yang konsisten mengalami kenaikan elektabilitas dalam lima survei terakhir yang dilakukan oleh Litbang Kompas. Pada Oktober 2019, Ganjar memperoleh 1,8 persen dukungan. Saat itu, Ganjar cukup jauh tertinggal dibandingkan seperti Prabowo Subianto (14,7 persen), Anies Baswedan (8,4 persen), dan Sandiaga Uno (7,3 persen).

Namun, jumlah dukungan meningkat pada periode survei berikutnya seiring kemunculan Ganjar di ruang publik yang semakin masif. Pada April 2021, elektabilitas Ganjar telah meyentuh 7,3 persen dan menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi ketiga setelah Prabowo Subianto (16,4 persen) dan Anies Baswedan (10,0 persen).

Elektabilitas Ganjar kian melejit saat ini. Dukungan pada Ganjar untuk pertama kalinya menyamai elektabilitas Prabowo. Ganjar menjadi tokoh pertama yang mampu menyamai tingkat keterpilihan Prabowo sejak Pilpres 2019.

Ridwan Kamil juga mengalami kenaikan elektabilitas yang konsisten dalam empat survei terakhir. Setelah sempat mengalami penurunan pada Agustus 2020, tingkat keterpilihan Ridwan Kamil mengalami kenaikan secara bertahap.

Pada Agustus 2020, elektabilitas Ridwan Kamil hanya 1,9 persen, sedangkan sekarang tingkat keterpilihannya mencapai 5,1 persen dan untuk pertama kalinya berhasil menyalip Sandiaga Uno.