Rachel Vennya Kabur Karantina, Wagub DKI: Selebgram Punya <i>Followers</i> Banyak, Harusnya Jadi Contoh
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/DOK Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi pelanggaran yang dilakukan selebgram Rachel Vennya karena kabur saat menjalani masa karantina di Wisma Atlet Pademangan.

Riza mengatakan, sebagai seorang publik figur di media sosial, Rachel Vennya seharusnya bisa memberi contoh yang baik bagi pengikutnya.

"Lita harapkan para selebgram bisa menjadi teladan bagi masyarakat. Karena selebgram itu kan punya pengikut followers yang banyak, seharusnya jadi contoh bagi yang lain," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Oktober.

Riza mengatakan Pemprov DKI sebatas menunggu aparat mengusut kasus Rachel Vennya. Selain itu, Riza meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kita menunggu apa yang menjadi kebijakan, nanti dari pangdam sedang dicek, diusut kembali persis dan sebagainya. Mari semua kita laksanakan protokol kesehatan sebaiknya," ungkap dia.

Seperti diketahui, kabar Rachel Vennya kabur dari karantina yang beredar di media sosial beberapa hari ini akhirnya terungkap. Ternyata, Rachel Vennya terbukti kabur saat masih menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan setelah pulang dari Amerika Serikat.

Awalnya, kabar ini beredar setelah salah satu akun Instagram bernama @_melatiintaan menulis komentar tentang sang selebgram. Akun ini mengaku sebagai salah satu petugas input data di Wisma Atlet Kemayoran.

Menurutnya, Rachel diharuskan menjalani karantina selama delapan hari namun ternyata Rachel hanya menjalankan selama tiga hari.

"Ohhh Dia yg harusnya karantina di Wisma Atlet selama 8 hari eh Tapi baru 3 Hari langsung kabur???" tulis @_melatiintaan pada 8 Oktober 2021.

Sampai akhirnya otoritas buka suara. Lewat keterangan tertulisnya, kemarin, Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra membeberkan fakta bahwa Rachel Vennya bisa kabur dari Wisma Atlet karena dibantu oleh oknum TNI.

"Ditemukan adanya dugaan tindakan nonprosedural oleh oknum anggota Pengamanan Bandara Soetta (TNI) berinisial An.FS yang telah mengatur agar selebgram Rachel Vennya dapat menghindari prosedur pelaksanaan karantina yang harus dilalui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri," kata Herwin.

Belakangan, Rachel Vennya mengunggah permohonan maaf di akun Instagram-nya @rachelvennya usai dikabarkan kabur dari Wisma Atlet Pademangan. Dalam postingan itu, Rachel berharap agar publik membuka pintu maaf untuk dirinya.

"Aku meminta maaf yg sebesar-besarnya dan semoga semua hal buruk yg pernah aku lakukan di hidup aku menjadi pelajaran buat aku. Untuk selalu berfikir saat melangkah ke depan dengan baik," tulis Rachel.