Wagub DKI Sebut Pulau Reklamasi Jadi Salah Satu Lokasi Pilihan untuk Formula E
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/DOK Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membocorkan salah satu lokasi yang menjadi opsi penyelenggaraan Formula E, setelah membatalkan lokasi di Monas.

Menurut Riza, salah satu dari lima lokasi yang menjadi alternatif sirkuit Formula E adalah pulau reklamasi, yakni Pulau D atau Pantai Maju dan Pulau G atau Pantai Bersama.

Selain itu, kawasan Senayan juga menjadi salah satu pilihan sirkuit ajang balap mobil bertenaga listrik tersebut.

"Tadi disampaikan oleh Direktur Jakpro tidak di Monas, ada lima alternatif nanti akan dicek lokasinya. Macam-macam lah, di antaranya di Senayan, di Pantai Maju, (Pantai) Berrsama, dan lain-lain," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Oktober.

Sebelumnya, Managing Director Jakarta EPrix PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Gunung Kartiko mengaku pihaknya jadi menggunakan area Monumen Nasional (Monas) sebagai sirkuit gelaran Formula E tahun depan karena masalah perizinan.

"Venue yang jelas bukan di Monas. Itu aja cluenya, karena Monas kayaknya agak berat dari sisi perizinan. Jadi kita cari lokasi ikon yang memang menunjukkan Jakarta," kata Gunung di Gedung DPRD DKI.

Lagipula, kata Gunung, jika ingin menjadikan Monas, dikhawatirkan sirkuit yang dibuat tidak maksimal karena menggunakan aspal yang tidak permanen.

"Kalau Monas dulu tahu kan, di aspal kletek-kletek," ucap Gunung.

Karenanya, saat ini Jakpro mengambil lima alternatif lokasi penyelenggaraan Formula E. Namun, Gunung tak mau menyebutkan di mana lima lokasi tersebut. Yang jelas, sirkuit akan menggunakan jalanan yang sudah ada dan dilakukan pengaspalan ulang.

"Kita akan usahakan, kalau menggunakan jalan, maksimal tiga hari. Itu hanya dibangun jalan aspal, terus kemudian dia punya spesifikasi khusus. Mungkin kalau belok ada pengiringan tertentu, terus ada barrier-nya di sepanjang jalan," jelas dia.