Majelis Syuro PKS: Perlu Sistem Perlindungan Kesejahteraan Hadapi Guncangan Krisis di Masa Pandemi
Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri/DOK pks.id

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri menegaskan perlu adanya sistem perlindungan dan kesejahteraan sosial yang adaptif guna menghadapi guncangan krisis, khususnya dalam masa pandemi COVID-19.

"Sebagaimana kajian berbagai pihak yang menyatakan bahwa dampak dari Pandemi COVID-19 ini akan bertahan dalam waktu yang lama, maka sepatutnya pemerintah kita juga mengantisipasinya,” ujar Salim dalam Webinar bertajuk “Kajian Kebijakan Publik Menimbang Arah dan Kebijakan Kementerian Sosial Dalam Rangka Penanganan Dampak COVID-19”, Rabu, 6 Oktober.

Salim mengatakan, berbagai penelitian menunjukkan program perlindungan sosial (termasuk bansos) memberikan dampak positif bagi masyarakat yang mengalami situasi krisis kemanusiaan, seperti bencana alam dan sosial. Namun, situasi darurat seperti pandemi COVID-19 mempertegas kerentanan memiliki banyak dimensi dan dinamis. 

"Bisa jadi, bansos bukan solusi tunggal untuk memitigasi dampak COVID-19. Pemerintah juga perlu perkuat sistem perlindungan dan pemberdayaan sosial,” lanjutnya.

Mantan Menteri Sosial pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid II ini juga mengingatkan peran Kemensos untuk memastikan kehadiran negara ditengah pandemi, berupa program peningkatan kesejahteraan sosial.

Di tengah situasi pandemi, kata Salim, salah satu tugas mendasar Kemensos adalah memastikan masyarakat terdampak pandemi merasakan kehadiran negara, terutama melalui program-program peningkatan kesejahteraan sosial. 

"Karenanya kinerja Kemensos perlu ditopang dengan berbagai supporting system, seperti desain kebijakan, anggaran serta political will (kemauan politik, red) dari pemerintah,” terang Salim.

Selain itu, Salim mengapresiasi Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS yang telah menginisiasi Webinar bersama Kementerian Sosial. Ia berharap hasil dari diskusi tersebut bisa ditindaklanjuti dan disuarakan Fraksi PKS di berbagai daerah.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Pengurus Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS yang sudah menginisiasi acara penting ini, Saya berharap hasil diskusi ini bisa direkomendasikan kepada DPP-PKS untuk ditindaklanjuti oleh Fraksi PKS di seluruh level agar disuarakan sebagai aspirasi dari keluarga besar PKS,” pungkas Salim.