Ahmad Syaikhu Gantikan Sohibul Jadi Presiden PKS
Ahmad Syaikhu (tengah) DOK. pks.or.id

Bagikan:

JAKARTA - Ahmad Syaikhu terpilih menjadi Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan masa jabatan tahun 2020-2025. Penetapan ini diputuskan dalam sidang Musyawarah Majelis Syura PKS di Bandung.

Syaikhu menggantikan posisi Sohibul Iman yang menjabat sebagai Presiden PKS periode 2015-2020. Dalam pergantiannya, Sohibul menyatakan PKS memiliki tradisi masa jabatan maksimal selama satu periode.

"Tradisi di PKS, jabatan Presiden itu hanya satu periode saja. Dan itu tradisi yang sangat baik untuk dilanjutkan. Agar regenerasi dalam menjalankan tugas kepemimpinan terus berjalan," kata Sohibul dalam keterangannya, Senin, 5 Oktober.

Dalam kesempatan yang sama, Syaikhu mengaku siap melanjutkan kepemimpinan partai berlambang padi dan bulan sabit tersebut selama lima tahun mendatang.

"Terima kasih kepada Kang Sohibul Iman karena telah meletakan fondasi yang sangat baik bagi PKS. Ini adalah bekal terbaik bagi kami di kepengurusan mendatang. Insya Allah, kami akan terus lanjutkan perjuangan lebih baik lagi," tutur Syaikhu.

Syaikhu memandang, sikap politik PKS dalam kepemimpinannya akan tetap berada di jalur oposisi yang mengawasi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sampai tahun 2024.

"Meskipun PKS di luar pemerintahan, PKS  berkomitmen menjadi partai yang  siap turun tangan menyelesaikan berbagai permasalahan yang membebani rakyat. PKS akan hadir sebagai bagian dari solusi bukan bagian dari masalah," kata Syaikhu.

Syaikhu juga mengatakan saat ini Indonesia juga sedang mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi dan krisis kepemimpinan nasional. 

"Oleh karena itu, kita harus memiliki optimisme dan semangat pantang menyerah melewati ujian yang maha berat ini. Kita semua harus siap menjadi pelopor dalam menyuarakan dan membela kepentingan rakyat," ujar dia.

Sebelum menjabat sebagai Presiden PKS, Syaikhu pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bekasi dan saat ini menjadi anggota DPR. Sebelumnya, Syaikhu pernah menjadi bakal calon Wakil Gubernur DKI, namun gugur dalam proses pemilihan.

Selain Syaikhu, tokoh PKS yang mendapat lain yang menjabat dalam kepengurusan PKS saat ini adalah Habib Salim Segaf Aljufrie yang kembali terpilih sebagai Ketua Majelis Syura (MS) PKS.

Kemudian, Habib Aboe Bakar Alhabsyi sebagai Sekertaris Jendral menggantikan Mustafa Kamal. Lalu, Sohibul Iman saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, serta Ahmad Heryawan dan Suharna Surapranata sebagai wakil ketua Majelis Syura. 

Selanjutnya, Untung Wahono sebagai sekretaris Majelis Syura, Suswono sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP), Surahman Hidayat sebagai Ketua Dewan Syariah Pusat (DSP), Aboe Bakar Al Habsyi sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP), dan Mahfudz  Abdurrahman sebagai Bendahara Umum DPP.