Ridwan Kamil Kini Cari Parpol: Gubernur Periode Kedua atau Tawaran ke Nasional, Saya Sudah Istikharah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Nusa Dua, Badung, Bali (Dafi/VOI)

Bagikan:

BADUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mulai menimang-nimang parpol yang jadi tempatnya berlabuh. Ridwan Kamil menyebut keanggotaan parpol ini terkait dengan langkah politik lanjutan. 

"Memang selama dua kali pilkada saya belum berpartai atas nasihat dari ibu saya. Tapi selanjutnya apakah periode kedua gubernur lagi atau ada tawaran ke nasional itu saya sudah istikharahkan," kata Ridwan Kamli usai menjadi pembicara di Workshop Nasional DPP PAN di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa, 5 Oktober.

"Tentu (saya)  akan berlabuh di salah satu partai yang tentunya masih saya pikirkan baik-baik. Salah satunya mungkin di Partai PAN yang mengundang saya memberikan kehormatan di panggung," imbuh dia.

Komunikasi politik sudah dilakukan pria yang akrab disapa Kang Emil ini. Pimpinan lintas parpol sudah ditemui.

"Kalau komunikasi ke semua partai. Ingat nggak, beberapa bulan yang lalu saya kedatangan Bapak AHY, Bapak Airlangga dan Bapak Zul (Zulkifli Hasan) juga. Semua partai sudah ketemu dan semua membicarakan kerja sama membangun Indonesia lewat Jawa Barat mungkin relevannya 2024, nanti di 2022 baru mulai ada (kelanjutan),” ujarnya.

Yang pasti Kang Emil menegaskan parpol yang dipilihnya tentu yang berideologi Pancasila. 

"Harus yang pancasilais itu yang nomor satu. Kalau (bukan pancasilais) nggak. Karena, yang membuat bangsa ini selamat sampai hari ini, karena Ideologi Pancasila yang saya jaga. Itu harus tetap hadir sebagai ideologi yang utama," ujar Kang Emil.