Gelar Psikotes Bagi Kadernya, PDIP: Upaya Profiling untuk Penugasan
Suasana psikotest di Kantor DPP PDIP. (Foto: DPP PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) menggelar psikotes yang dimulai dari tingkat pusat. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jakarta.

"Psikotes tidak hanya memetakan hal-hal yang berkaitan dengan personality namun juga leadership, daya juang, dan kemampuan manajerial," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 2 September.

Kegiatan tes psikologi ini dilaksanakan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan Jalan Lenteng Agung 99, Jakarta Selatan dengan tes online atau paperless, tes diskusi kelompok dan wawancara mendalam.

"Psikotes ini sebagai upaya sistemik dan ditempatkan sebagai bagian konsolidasi kader. Profiling setiap kader Partai baik di struktural partai, legislatif partai, dan eksekutif partai dilakukan. Hasil psikotest sangat penting dalam penugasan kader Partai," ungkap Hasto.

Sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, sambungnya, kegiatan tes ini dilakukan dari kader yang ada di pusat dan anggota fraksi PDIP di DPR RI. Hal tersebut dilakukan untuk memberi contoh pada daerah tentang pentingnya penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengelolaan partai.

Selain itu, psikotest dan kaderisasi secara berjenjang ini juga dilakukan untuk menjawab harapan masyarakat agar partai berlambang banteng itu terus menata diri, melakukan perbaikan secara sistematis, dan memenuhi kualifikasi sebagai partai pelopor. "Di mana setiap kadernya kokoh dalam ideologi Pancasila dan memahami seluruh ide, gagasan, cita-cita, dan perjuangan Bung Karno," tegas Hasto.

"Selain itu, seluruh kader juga memaham pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, riset, dan infovasi bagi kemajuan bangsa," pungkasnya.