Pria Mengaku Anggota TNI di Kota Batu Babak Belur Dihajar Warga karena Peras Pemilik Vila
TNI Gadungan yang ditangkap (DOK IST)

Bagikan:

KOTA BATU - Pria berinisial SP dihajar warga setelah memeras pemilik vila di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur. Dalam aksinya, SP mengaku sebagai anggota TNI.

Dari foto yang beredar, pria paruh baya nampak babak belur di bagian wajahnya. Peristiwa ini berawal saat pelaku datang mengendarai motor ke area vila. Dia berkeliling dari vila ke vila mencari sumbangan uang dengan alasan perayaan HUT TNI ke-71.

Setelah 8 vila dimintai uang, warga mulai curiga dan melapor ke Babinsa setempat.

"Total sudah ada 8 warga yang sudah ia mintai sejumlah uang yang terkumpul Rp435 ribu," kata Danramil Kota Batu Abdul Kodir, Kamis, 30 September.

Setelah menerima laporan, pria itu diamankan petugas. Saat dimintai keterangan dan bukti keanggotaan, pelaku tidak bisa menunjukannya.

Warga yang menyaksikan kesal dan memukul pelaku hingga babak belur.

"Belum tahu apakah sudah ada uang lain yang terkumpul. Ngakunya baru pertama kali,” kata Danramil.

Saat beraksi, pelaku mengaku berpangkat mayor dengan nama Suharto Prasetiawan. 

Barang bukti yang diamankan berupa uang tunai, sepeda motor dan sejumlah dokumen catatan keuangan. 

“Pelaku juga memalsukan pelat nomor sepeda seperti eplat kendaraan dinas,” jelasnya.

Setelah itu pelaku diserahkan ke Polres Batu. Polisi kini mendalami terkait motif pelaku yang diduga nekat mengaku sebagai anggota TNI. 

“Nanti kita juga akan dalami dulu ke pihak-pihak yang sudah dimintai uang. Kami akan dalami dulu nanti secepatnya akan kita beritahukan,” kata Kasat Reskrim Polres Batu Iptu Yussi Purwanto.