Satu Pasien Sembuh, RSLI Surabaya Nol Pasien COVID-19
ILUSTRASI/PIXABAY

Bagikan:

SURABAYA - Satu pasien COVID-19 yang sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya sembuh alias negatif COVID-19. RSLI saat ini nihil pasien COVID-19 alias nihil. 

"Satu pasien yang sebelumnya positif sekarang sudah sembuh. Itu artinya, RSLI per hari ini zero COVID-19," kata Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 (PPKPC) RSLI Surabaya, Radian Jadid, dikonfirmasi, Kamis, 30 September.

Jadid mengatakan pasien COVID-19 terakhir yang dipulangkan hari ini berasal dari umum atau mandiri. Pasien berinisial WNP pun mengaku senang bisa segera bertemu keluarga. Sebab, ia mengaku sudah sejak Jumat 24 September dirawat di RSLI. 

"Alhamdulillah, saya sudah bisa pulang. Sudah di swab PCR kemarin dan hasilnya negatif, bisa segera pulang," kata perempuan berusia 29 tahun itu. 

Sementara itu, Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSLI Surabaya, Nevy Shinta Damayanti, menyampaikan tenaga kesehatan di RSLI tetap beraktivitas seperti biasa meski tidak ada pasien. Hanya saja, kegiatan ke depan difokuskan ke evaluasi. 

"Perawat, dokter, hingga administrasi akan kembali lagi me-refresh keilmuan, sebagai langkah peningkatan kapasitas sekaligus bentuk antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapai perkembangan dan tantangan ke depan," kata dokter spesialis paru itu. 

Perwakilan perawat RSLI Surabaya, Oktavianus Kopong Miten mengatakan, kondisi seluruh fasilitas yang tersedia tetap terjaga. Pihaknya melakukan pembenahan apabila ditemui beberapa kekurangan dan kerusakan sesuai prosedur dan ketentuan rumah sakit. 

"Kami melakukan pembersihan secara keseluruhan, dekontaminasi, sterilisasi, dan pengaturan aset-aset di dalam, termasuk penataan dan pengaturan nomor bed, juga inspeksi dan perbaikan saran prasarana," ujarnya. 

Kondisi longgar pasien ini  memberikan kesempatan bagi RSLI Surabaya untuk memeriksa semua fasilitas yang tersedia. Maka dari itu, para perawat terus memonitoring dan memastikan bahwa semua dalam kondisi baik dan siap digunakan.