8 Warga Madura Terpapar COVID-19 Varian Delta di RSLI Sembuh
FOTO ILUSTRASI/DOK ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Delapan pasien COVID-19 varian delta yang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya sembuh. Pasien asal Madura itu dipastikan sembuh setelah dua kali menjalani tes Swab PCR. 

Penanggung Jawab RSLI, Laksamana Pertama TNI, I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, mengatakan semua pasien yang tekonfirmasi telah dirawat dengan baik. Mereka dinyatakan sembuh dan bisa pulang oleh Dokter Penanggung jawab Pasien (DPJP). 

"Mereka telah menjalani perawatan lebih dari 10 hari dan dengan swab PCR dua kali negatif mereka dinyatakan sembuh," kata Nalendra, di Surabaya, Kamis, 24 Juni.

Terkait kepulangan pasien, Nalendra mengatakan, dua pasien pulang setelah 14 hari perawatan, sedangkan yang lainnya pulang setelah 15 dan 16 hari perawatan dan pengobatan di RSLI. Namun, semua pasien masih wajib isolasi mandiri di rumah 3-5 hari. 

"Tujuannya untuk memastikan kondisinya baik, tidak ada gejala susulan yang muncul serta kondisi tubuh mengalami pemulihan," katanya. 

Selama menjalani isolasi mandiri tambahan, kata Nalendra, mereka diawasi oleh puskesmas dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Tak hanya itu, juga mendapatkan dampingan dari Relawan Pendamping PPKPC-RSLI, untuk membantu mengatasi permasalahan nonmedis usai pemulangan. 

"Masyarakat tidak perlu terlalu takut dengan varian baru, namun demikian harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, baik dan benar," ujarnya. 

Menghadapi kondisi sekarang, kata Nalendra, masyarakat perlu perubahan perilaku hidup bersih dan sehat, dengan kebiasan baru 5M yang harus ditekankan oleh pemerintah. "Semua lapisan masyarakat diharapkan bahu membahu mengatasi kondisi ini, tetap tenang dan tidak panik mencermati situasi yang ada," kata Nalendra.