Heboh Umat Nasrani di Afghanistan Diikat dalam Plastik Kondisi Setengah Telanjang, Benarkah?
Tangkapan layar orang diikat dalam plastik (Foto: Turnbackhoax.id)

Bagikan:

JAKARTA - Unggahan video akun Facebook dengan nama @Classic Bae menarik perhatian warganet. Video itu memperlihatkan beberapa orang yang diikat dalam plastik.

Narasi video menuliskan kalau yang diikat dalam plastik adalah umat Nasrani di Afghanistan. Lantas, benarkah informasi ini? 

"Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video umat Nasrani yang diikat di Afganistan, melainkan video aksi protes warga Kolombia terhadap pemerintah pada bulan Mei 2021 lalu," tulis turnbackhoax dilasnir Kamis, 23 September.

Video serupa telah diunggah oleh laman Facebook 'Lo Que La Prensa Corrupta No Transmite' pada 28 Mei 2021. Para demonstran dalam kondisi setengah telanjang saat dalam plastik.

Catatan turnbackhoax, video serupa juga pernah beredar dengan narasi yang menyatakan video tersebut merupakan video penanganan COVID-19 di Indonesia.

Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Video "pengurusan Covid di Indon yang diunggah pada 24 Juli 2021 lalu."

"Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna @Classic Bae dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context," demikian turnbackhoax.