Bali PPKM Level 3, Kunjungan Wisatawan Domestik Melonjak Tiga Kali Lipat
ILUSTRASI/ANTARA/Bandara Ngurah Rai Bali

Bagikan:

DENPASAR - Penurunan PPKM Level 3 di Bali berdampak positif menggenjit kunjungan wisatawan domestik ke Pulau Dewata.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menerangkan, kunjungan wisatawan itu bisa diukur dari kedatangan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, sudah mencapai di angka 4.300 per hari selama PPKM level 3.

"Kalau dilihat dari kedatangan di Bandara itu saat sekarang, di angka 4.300 per hari. Kalau dibandingkan PPKM Darurat Bulan Juni-Juli itu kan sekitar 700 sampai 800 (per hari) di bawah seribu. Berarti, ada peningkatan tiga kali lipat," kata Astawa, saat dihubungi Rabu, 22 September.

Selama PPKM level 3 sambung Astawa memang sudah ada peningkatan kunjungan wisatawan domestik. Sementara, untuk kunjungan yang paling banyak disukai masih di wilayah pantai seperti Pantai Kuta, Legian dan Pantai Pandawa.

"Masih di daerah pantai yang banyak dikunjungi seperti Legian, Kuta dan Pandawa," imbuhya.

Astawa mengatakan kunjungan wisatawan domestik ke Bali tergantung perkembangan COVID-19 di Pulau Bali. Bila kasus COVID-19 terus menurun tidak menutup kemungkinan kunjungan wisatawan akan semakin ramai.

"Harapannya kami dari Dinas Pariwisata bisa membaik kondisi kepariwisataan kita. Karena, kita terpuruk sekali dari aspek pariwisata," ujarnya.

Bila kondisi COVID-19 terus membaik, kunjungan wisatawan domestik diyakini bisa mencapai di atas angka 10 ribu orang per hari. 

"Kalau waktu Work From Bali, sebelum PPKM atau sebelum ada varian delta kan bisa sampai 10 ribu dan 13 ribu per hari. 

Sedangkan kalau normal sebelum ada COVID-19 per hari domestiknya 16 ribu," ujar Astawa.