Kunjungan Wisatawan Lokal ke Bali 20 Ribu Orang per Hari Jelang Tahun Baru, Okupansi Hotel Capai 10 Persen
Kawasan Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali/FOTO: Dafi-VOI

Bagikan:

DENPASAR - Kunjungan wisatawan domestik (wisdom) ke Pulau Dewata, Bali, diperkirakan sudah mencapai 19-20 ribu orang per hari menjelang tahun baru.

"Keseluruhan sampai 19 ribu dan 20 per hari wisatawan dari semua pintu masuk dari bandara dan pelabuhan," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata dari Dinas Pariwisata Bali Ida Ayu Indah, Kamis, 30 Desember.

Sementara, dari catatan Dinas Pariwisata Bali untuk penumpang yang masuk ke Bali per tanggal 28 Desember 2021 untuk di Bandara I Gusti Ngurah Rai mencapai 11.825 penumpang per hari.

Dari Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana, mencapai 12.362. Sedangkan dari Pelabuhan Padangbai Kabupaten Karangasem, Bali, mencapai 923 penumpang.

Menurutnya, kunjungan wisatawan domestik di Bali pada tahun ini sudah mulai meningkat  sejak adanya pelonggaran PPKM.

"Jadi kalau untuk wisatawan domestik itu semakin membaik semenjak PPKM itu dilonggarkan. Rata-rata 11 ribuan datang ke Bali per hari itu di bandara saja, belum di pelabuhan," imbuh Ayu Indah.

Bila dibandingkan pada bulan September dan Oktober 2021 lalu, kunjungan wisatawan domestik ke Bali meningkat 50 persen.

Sementara, untuk tingkat okupansi hotel dari data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali sudah mencapai 10,57 persen. Ayu Indah berharap di penghujung tahun ini, tingkat okupansi hotel mencapai 12 persen.

"Kalau yang terakhir dari BPS, kami melihat 10,57 persen. Tapi harapannya sampai besok 12 persen," ujar Indah.