Ganjar Pranowo Minta Percepatan Vaksinasi di 5 Kabupaten
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di lima kabupaten yang capaiannya hingga saat ini masih rendah.

"Brebes, Cilacap, Banjarnegara, Magelang, Purbalingga ini tolong vaksinnya supaya dipercepat. Pokoknya begitu dapat besoknya langsung habiskan," katanya saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di kantor Gubernur Jateng di Semarang, dikutip Antara, Selasa, 21 September.

Berdasarkan data yang diterima Ganjar, cakupan vaksinasi di beberapa daerah masih kurang, seperti di Kabupaten Cilacap yakni vaksinasi dosis pertama baru 20,19 persen dan dosis kedua 11,50 persen, Kabupaten Brebes yang vaksin dosis pertamanya mencakup 20,50 persen dan vaksinasi dosis kedua 9,26 persen.

Selain percepatan vaksinasi, Ganjar juga mengingatkan pemerintah daerah untuk disiplin memasukkan data pada aplikasi pelaporan.

"Tugasnya 'panjenengan' (anda) menghabiskan, biar kami yang meminta ke Kemenkes juga 'pede' (percaya diri) dan ternyata memang kami bisa habiskan itu," ujarnya.

Cakupan vaksinasi COVID-19 di Jawa Tengah saat ini 34,92 persen atau sekitar 10 juta orang untuk dosis pertama.

Untuk dosis kedua, cakupan vaksin mencapai 18,07 persen atau sekitar 5,1 juta orang, sedangkan dosis ketiga untuk nakes mencapai 70,82 persen atau sekitar 116 ribu nakes.