Jokowi Soroti Ketimpangan Vaksinasi di Sumut: Pematangsiantar 100 Persen, Kanan-kirinya 14 Persen, Hati-hati
Presiden Jokowi meninjau vaksinasi door to door di Deli Serdang Sumut (IST)

Bagikan:

MEDAN - Progres vaksinasi di Sumatera Utara menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Presiden menyoroti adanya ketimpangan angka vaksinasi di daerah wilayah Sumut dan meminta agar segera diperbaiki.

Awalnya, Jokowi mengatakan capaian vaksinasi bagi lansia di Sumut cukup bagus meski baru mencapai 24 persen. 

"Masuk ke vaksinasi, di Sumut secara umum 26 persen, lansia meskipun 24 persen saya anggap sudah lumayan karena yang lain masih ada yang 15," kata Jokowi di rumah dinas Gubernur Sumut, Medan, Kamis, 16 September. 

Jokowi kemudian menyampaikan pesan untuk berhati-hati karena adanya ketimpangan vaksinasi di daerah-daerah wilayah Sumut. Jokowi menyebut ada daerah yang sudah 82 persen warganya divaksin, tapi ada daerah lain yang hanya 7 persen. 

"Kemudian hati hati, tadi Panglima TNI sudah menyampaikan ada gap ada kota kota tertentu dengan kabupaten kota yang ada. Yang angkanya sangat jauh, 82 persen sampai 7 persen," kata Jokowi.

Dari data yang dipaparkan Jokowi, daerah di Sumut yang tingkat vaksinasinya mencapai 82 persen yaitu Kabupaten Pakpak Bharat. Sementara untuk daerah yang vaksinasi warganya masih 7 persen adalah Kabupaten Nias Selatan.

Jokowi menyebut tingkat vaksinasi yang tinggi di suatu daerah merupakan hal baik. Namun, tidak boleh ada ketimpangan yang sangat jauh antar setiap daerah. 

"Hati hati. Karena kita ini tidak bisa sendiri, misalnya Pematangsiantar, paling baik 100 persen. Tapi kanan kirinya masih 14 persen, nggak ada artinya," ujar Jokowi.

Jokowi kemudian mendorong kepala daerah yang masih rendah tingkat vaksinasi untuk segera memperbaiki. Jokowi meminta Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut untuk membantu melakukan vaksinasi di daerah itu.

"Saya minta Pangdam, Kapolda dikerahkan, dikejar, nanti saya minta panglima TNI ditambah vaksinator sehingga daerah-daerah yang masih angkanya 7,8,11, 11,12 ini dikejar," jelas Jokowi. 

Ada pun daerah yang disoroti Jokowi karena tingkat vaksinasinya masih rendah yaitu Labuhanbatu Utara (12,9 persen), Mandailing Natal (12,0 persen), Nias (11,8 persen), Langkat (11,2 persen), Nias Utara (8,3 persen) dan Nias Selatan (7,7 persen).