Baru 39,8 Persen Lansia di Sumut yang Sudah Disuntik Vaksin Booster
Photo by Haydn Golden on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Kesehatan Sumatera Utara mencatat, 435.191 lansia di sana, sudah menerima vaksin dosis ketiga dari total sasaran 1.093.446 jiwa.

"Secara persentase sudah 39,80 persen dari target sasaran vaksinasi 1.093.446 untuk kelompok lansia," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Sumut dr Nora Nasution melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Jumat 12 Agustus malam.

Sementara capaian vaksin dosis pertama lansia sebesar 89,68 persen serta vaksin dosis kedua sebesar 74,66 persen dari target sasaran vaksinasi.

Dari 33 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara, ia mengatakan, baru Tebing Tinggi, Nias Utara, Padang Lawas Utara, Nias Selatan, Padang Lawas, Tapanuli Selatan dan Nias Barat yang cakupan vaksinasinya sudah 100 persen.

Sedangkan untuk cakupan vaksinasi yang sudah lebih dari 90 persen terdapat 13 daerah yaitu Samosir, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Deli Serdang, Labuhan Batu Selatan, Asahan, Batu Bara, Serdang Bedagai, Labuhan Batu Utara, Tanjung Balai, Gunung Sitoli, Langkat dan Labuhanbatu.

Kemudian, untuk cakupan vaksinasi yang sudah lebih dari 80 persen yakni Tapanuli Tengah, Binjai, Tapanuli Utara, Karo, Sibolga, Toba, Dairi, Nias, Pematangsiantar, Mandailing Natal, Padangsidempuan dan Simalungun.

"Capaian terendah Kota Medan yakni 76,20 persen," katanya dilansir dari Antara.

Dinas Kesehatan Sumut masih terus menggencarkan penyuntikan vaksin penguat kepada masyarakat karena angka capaian masih rendah dibandingkan realisasi vaksin dosis pertama dan kedua.

Upaya percepatan vaksinasi COVID-19 dilakukan dengan berkolaborasi bersama aparat TNI dan Polri maupun pihak swasta.