Bagikan:

MEDAN - Kebakaran terjadi di Pajak Lama Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara. Akibatnya, ratusan kios di pajak—sebutan untuk pasar—tersebut terbakar. 

Informasi yang diperoleh, kebakaran terjadi dengan sangat cepat. Tak sampai setengah jam, ratusan kios ludes terbakar. 

Proses pemadaman pun melibatkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Sergai dan Deli Serdang yang ikut membantu. 

"Semua unit kita turunkan dan ada dari (Lubuk) Pakam. Totalnya ada tujuh unit," ujar Kasat Pol PP Serdang Bedagai, Fajar Simbolon, Kamis, 16 September. 

Proses pemadaman api berlangsung cukup lama. Dalam kurun waktu satu setengah jam, petugas berhasil menjinakkan si jago merah. 

"Dari jam setengah tujuh, sekitar satu setengah jumlah. Api cepat menyebar karena rapat-rapat kali," paparnya. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang hanguskan total 144 bangunan. 

Saksi mata yang melihat kejadian mengungkapkan, api cepat membesar dan menjalar. Tak sampai setengah jam, api hanguskan bangunan ruko dan kios. 

"Apinya besar, cepat sekali maraknya. Dua puluh menit saja ratusan kios ludes terbakar. Banyak barang yang nggak terselamatkan," kata seorang saksi mata, Ismail. 

Bahkan, sempat terdengar suara ledakan. Suara itu bersumber dari trafo yang meledak karena terbakar. Namun, belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu. 

Bupati Sergai Darma Wijaya telah mendatangi lokasi kebakaran disela kegiatannya. Dia menyampaikan turut berduka atas peristiwa yang menimpa para pedagang. 

Pihaknya akan melakukan langkah guna membantu pedagang yang tertimpa musibah kebakaran.