Terekam CCTV, Pencuri Motor Kenakan Baju Koko untuk Kelabui Jamaah Masjid
Layar tangkap CCTV, pelaku curanmor mengenakan baju koko/ Rizky Sulistio

Bagikan:

JAKARTA - Komplotan spesialis curanmor (pencurian motor) menyambangi sebuah masjid yang berada di Jalan Randu I, RT 05/04, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Mereka berhasil menggasak satu unit motor milik jamaah salat Subuh yang tengah parkir di depan Masjid Jami Al-Ikhlas.

Aksi kejahatan pelaku terekam kamera CCTV yang ada di depan Masjid. Dalam aksinya, pelaku memakai baju koko untuk mengelabui warga lainnya ketika dia beraksi.

Berdasarkan informasi, para pelaku mendatangi lokasi kejadian pada Selasa 14 September, sekitar pukul 05.00 WIB. Pelaku menjalankan aksi pencurian ketika sang pemilik motor bernama Juhana sedang melaksanakan salat Subuh di masjid tersebut.

Menurut Juhana, kejadian baru diketahui ketika dirinya sudah selesai salat dan ingin pulang. Juhana terkejut ketika motor miliknya sudah tidak ada di tempat parkir awal.

Juhana sempat mencari keberadaan motornya di sejumlah gang sebelah kanan dan kiri masjid. Namun motornya juga tak terlihat.

"Memang ketika lagi doa selesai salat, saya dengar ada suara motor," katanya kepada wartawan di lokasi, Selasa 14 September.

Kemudian Juhana meminta DKM Masjid Jami Al-Ikhlas untuk membuka CCTV yang ada di lokasi. Setelah melihat CCTV, ternyata pelaku berjumlah tiga orang menggunakan dua motor.

Pelaku sebelumnya sempat melintas di depan masjid sambil mengintai suasana. Saat mencuri motor, wajah pelaku juga kerap melihat ke arah dalam masjid. Pelaku awalnya menggunakan kaos bergaris-garis ketika beraksi mencuri sepeda motor.

"Terus enggak lama dia pergi ke temannya, balik lagi sudah pakai baju koko tapi enggak di kancingin," kata Juhana.

Pelaku akhirnya membawa kabur sepeda motor Honda Beat tahun 2016 milik Juhana. Setelah kejadian, sekira pukul 07.00 WIB Juhana melapor ke Polsek Ciracas.

Juhana berharap, sepeda motor miliknya bisa kembali ditemukan karena untuk berangkat kerja.