Jokowi Belum Kirim Surpres Calon Panglima TNI, Istana: Sabar, Presiden Cari Sosok Terbaik
Presiden Jokowi (DOK Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Stafsus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Faldo Maldini, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang belum mengirimkan surat presiden (surpres) terkait nama calon Panglima TNI pengganti Hadi Tjahjanto.

“Sampai saat ini, memang surat presiden terkait penyelenggaraan fit and proper test memang belum ke DPR," ujar Faldo di Jakarta, Senin, 13 September.

Namun, Faldo memastikan Presiden Jokowi akan segera mengirimkan kepada DPR dalam waktu dekat. Sebab, Hadi akan memasuki masa pensiunnya pada awal November mendatang.

"Jadi bersabar saja, pasti segera dikirim. Yang jelas, tidak mungkin posisi panglima kosong ketika Marsekal Hadi Tjahjanto memasuki masa pensiun,” katanya.

Faldo menuturkan, Presiden Jokowi perlu waktu untuk mencari sosok panglima yang terbaik. Pasalnya, diharapkan Panglima TNI yang baru adalah sosok yang terbaik dari berbagai aspek.

"Karena ini bukan hanya soal kualifikasi personal, tapi Panglima TNI saat ini juga punya sederet tantangan berat. Bagaimana bahu-membahu dengan rakyat untuk melewati pandemi, pengembangan personel baik dari segi kualitas SDM ataupun karier, pengembangan alutsista, dan harmonisasi tata kelola di tubuh tiga matra,” jelasnya.

"Oleh karena itu, waktu yang tersisa benar-benar dimanfaatkan untuk mencari sosok terbaik. Ini sangat menentukan. Kita tunggu saja ya,” imbuh Faldo.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, mengungkapkan pihaknya masih menunggu surat dari Presiden Joko Widodo terkait nama calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Diketahui, Marsekal Hadi akan memasuki masa pensiun pada bulan November mendatang.

"Surat belum," ujar Meutya di gedung DPR, Senin, 13 September.