Akademisi USU Puji Bobby Nasution Tangani COVID-19 hingga Tegas Copot Plt Kadinkes Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Akademisi dari Universitas Sumatera Utara (USU) menilai Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Bobby Nasution, menunjukkan komitmen mewujudkan program prioritas bidang kesehatan, terutama menekan laju sebaran COVID-19.

"Masalah kesehatan, khususnya penanganan COVID-19, merupakan salah satu program prioritas Pemko Medan," ujar akademisi dari Fisipol USU Faisal Andri Mahrawa dikutip Antara, Rabu, 1 September.

Komitmen tersebut, lanjut dia, ditunjukkan dengan ketegasan dan keseriusan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam menangani COVID-19, termasuk pergantian pimpinan Dinas Kesehatan Kota Medan.

Pergantian jabatan, katanya, bukanlah sesuatu yang luar biasa, apalagi di tengah situasi pandemi ini untuk mempercepat penanganan COVID-19 sangat bisa dimaklumi.

Wali Kota Medan Bobby Nasution pekan lalu mencopot Syamsul Arifin Nasution dari jabatan yang baru diemban empat bulan sebagai Plt Kadis Kesehatan. Plt Kadinkes digantikan oleh Mardohar Tambunan.

Pencopotan ini merupakan kedua kalinya, karena sebelumnya Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi yang dinilai lamban, kemudian digantikan oleh Syamsul Arifin Nasution.

"Semua pihak sangat mengharapkan kerja cepat dari pemangku kepentingan bidang kesehatan. Ya memang kita butuh sosok yang progresif, sosok yang mau gerak cepat," kata dia.

Menurutnya, langkah strategis yang diambil wali kota tersebut harus ditindaklanjuti secara serius dengan cepat dan tepat oleh Dinas Kesehatan Kota Medan.

"Percepatan penanganan COVID-19 juga bisa dengan strategi 3T, yakni tracing, testing, dan treatment. Ini harus dipahami sampai jajaran yang paling bawah," tutur Faisal.