2 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sudah Masuk ke Jatim, Segera Didistribusikan ke Daerah
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta di Gresik (DOK Humas Polda Jatim)

Bagikan:

SURABAYA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendistribusikan 2 juta dosis vaksin COVID-19 ke Jawa Timur. Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, menyebut vaksin itu akan segera didistribusikan ke 38 kabupaten/kota di Jatim.

“Sekitar 2 juta vaksin itu sudah masuk ke Jatim, dan akan segera didistribusikan ke daerah-daerah," kata Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, saat meninjau vaksinasi di SMA Negeri 1 Gresik, Rabu, 1 September.

Menurut Nico, saat ini Satgas COVID-19 Jatim tengah mempersiapkan proses distribusi jutaan vaksin itu. Nantinya, vaksin itu akan didistribusikan ke Puskesmas sebagai ujung tombak di berbagai daerah.

"Jadi, perlu dipersiapkan Puskesmas menjadi ujung tombak, termasuk persiapan tenaga kesehatan dan penambahannya," katanya. 

Nico berharap dengan adanya kolaborasi dan koordinasi yang baik, pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan efektif dan lancar. Sehingga target 70 persen kekebalan komunal yang diharapkan bisa tercapai.

Sementara dalam kunjungan ke Kabupaten Gresik, perwira tinggi dengan dua bintang emas di pundak itu meninjau pelaksanaan vakinasi di SMA Negeri 1 Gresik yang menyasar sebanyak 1.249 pelajar menerima dosis vaksin Sinovac.

Nico mengaku, kunjungan ke sekolah sebagai bentuk dorongan kegiatan jajaran Forkopimda Gresik, terutama vaksinasi terhadap pelajar. 

"Terima kasih terhadap jajaran yang telah bekerja sama menyukseskan vaksinasi sehingga berjalan lancar," ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, mengatakan dosis vaksinasi terhadap pelajar di wilayah itu ditargetkan selesai pada pekan ini dengan target 5.000 dosis, kemudian dilanjut pekan depan bagi pelajar yang belum menerima.

Dalam kunjungan itu Kapolda Jatim didampingi Bupati Gresik serta Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto dan Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail, dan mereka meninjau langsung penyuntikan vaksin terhadap pelajar.