Korea Selatan Gelar Festival Komik Internasional Bucheon (BICOF) ke-24 Bulan Depan
Ilustrasi komik. (Unsplash/Dev)

Bagikan:

JAKARTA - Festival Komik Internasional Bucheon (BICOF) ke-24 rencana akan digelar secara online dan offline pada 4 hingga 12 September, di mana berbagai acara gratis untuk mempromosikan komik web Korea.

Bertema 'New Normal, New Connection', festival yang diselenggarakan oleh Korea Manhwa Contents Agency ini akan mengadakan berbagai acara, seperti acara jumpa penggemar, Gyeonggi International Cosplay Festival (GICOF), seminar internasional tentang berbagai isu seperti isu minoritas dan kategori komik "cinta anak laki-laki" (BL). Pameran akan diadakan terutama di YouTube dan di Museum Manhwa Korea yang terletak di Bucheon, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Pembukaan festival akan disajikan di ruang virtual dengan menggunakan teknologi digital seperti hologram, virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Selama pembukaan, pemenang Penghargaan Bucheon Manhwa akan diumumkan dengan empat nominasi akan bersaing.

Upacara pembukaan akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris secara bersamaan, sementara beberapa video utama seperti pertemuan penggemar dan pameran akan memiliki teks bahasa Inggris di kemudian hari, kata penyelenggara.

ilustrasi komik
Festival Komik Internasional Bucheon (BICOF) ke-24. (Sumber: Bucheon International Comics Festival)

"Kami bertujuan untuk menunjukkan kegembiraan menikmati dinamika konten ini ketika kami tidak memiliki banyak kesempatan untuk bertemu secara offline. Kami berharap penonton mendapatkan energi dan kenyamanan festival melalui layanan berbasis online," Kim Hyoung-bye, ketua panitia pengarah festival mengutip Korea Times Kamis 26 Agustus.

Sementara itu, Yoo Soo-hun, direktur festival mengatakan, tahun lalu, panitia mengalami beberapa kesulitan teknis dalam mengadakan tempat online.

"Jadi kami mencoba memperbaiki kesalahan sehingga penonton dapat berkomunikasi dengan baik satu sama lain. Misalnya, ada sesi diskusi antara penulis Korea dan Prancis dan dengan festival komik Belgia," terangnay.

Salah satu yang menarik dari acara ini adalah pertemuan penggemar dengan penulis. Penulis komik dari delapan karya seperti Lee Dong-gun dari "Yumi's Cells," HUN dan Jimin dari "Navillera," Shin Il-sook dari "Four Daughters of Armian" dan OSIK dari "Civilian Control Zone" akan mengadakan pertemuan penggemar melalui ZOOM . Sekitar 10 penggemar akan dapat mengadakan pertemuan online dengan penulis, masing-masing.

Selain itu, ada konser live OST dari serial megahit JTBC "Itaewon Class" akan disiarkan secara langsung pada 11 September. Di sela-sela festival, GICOF akan mengadakan "Cosplay@home", sebuah festival video kostum play, yang menyediakan video pemain kostum dari 10 negara berbeda sambil memilih pemenang di antara pelamar Korea yang mengirimkan video kostum play.

"Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih banyak komik web yang tidak memiliki cukup kesempatan untuk dipromosikan di tengah ekspansi industri yang cepat," tutur Kepala Kantor Promosi Budaya Festival Lee Yong-cheol.