Wanita China di Persimpangan Karir dan Kebijakan Tiga Anak Pemerintah Beijing
Ilustrasi wanita. (Unsplash/East Meets Dress)

Bagikan:

JAKARTA - Di hadapkan dengan krisis demografis yang mengkhawatirkan, China mendorong pasangan untuk memiliki lebih banyak anak. Hanya ada satu masalah, wanita China tidak terlalu tertarik dengan ide tersebut.

Selama lebih dari 35 tahun, Partai Komunis yang berkuasa secara ketat memberlakukan kebijakan satu anak, satu keluarga, seiring langkah China untuk mengurangi kelebihan penduduk dan mengurangi kemiskinan. Tetapi ketika ekonomi berkembang pesat, China mendapati populasinya menua dan angkatan kerjanya menyusut.

Guna mengurangi risiko ekonomi yang ditimbulkan oleh penurunan angka kelahiran, partai tersebut mengumumkan akan mengizinkan pasangan menikah untuk memiliki dua anak pada tahun 2015. Tetapi setelah kenaikan singkat pada tahun 2016, tingkat kelahiran nasional telah turun dari tahun ke tahun, mendorong partai tersebut untuk melonggarkan kebijakan lebih jauh lagi untuk tiga anak.

Namun, publik tampaknya tidak yakin. Pengesahan resmi kebijakan tiga anak baru negara itu menjadi undang-undang pada Hari Jumat disambut dengan skeptisisme dan kritik yang meluas di media sosial China. Dengan banyak wanita mengungkapkan kecemasan atas meningkatnya biaya hidup dan ketidaksetaraan gender yang mengakar di tempat kerja.

china
Ilustrasi bayi. (Unsplash/Patricia Prudente)

Banyak yang berpendapat, bahwa membesarkan tiga anak akan sangat mahal, dan di luar jangkauan sebagian besar pasangan perkotaan, banyak dari mereka menghadapi upah yang mandek, kesempatan kerja yang lebih sedikit, dan jam kerja yang melelahkan.

"Saya bahkan tidak ingin punya satu anak, apalagi tiga," bunyi satu komentar di Weibo, platform mirip Twitter yang disensor ketat di China, yang mendapatkan lebih dari 51.000 suka, mengutip CNN 26 Agustus.

Meskipun ketidaksetaraan kekayaan dan pekerjaan yang berlebihan adalah masalah yang terlihat di seluruh dunia, di China hal itu diperburuk oleh peran gender yang mengakar yang sering menempatkan sebagian besar pekerjaan rumah tangga dan pengasuhan anak pada perempuan.

"Kalau begitu, apakah laki-laki akan mendapat cuti ayah untuk ketiga anak mereka?" satu orang menulis dengan tajam di Weibo, dengan lebih dari 67.000 suka. Saat ini tidak ada hukum nasional yang memberikan cuti ayah di China.

Ketidakseimbangan dalam tanggung jawab orang tua berarti sulit bagi perempuan untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan peran sebagai ibu. Sejak proposal untuk kebijakan tiga anak diumumkan awal tahun ini, sebagian besar perdebatan berpusat pada kekhawatiran hal itu pada akhirnya dapat memperburuk kondisi bagi perempuan pekerja.

china
Ilustrasi bayi. (Unsplash/Carlo Navarro)

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak wanita China telah melaporkan menghadapi diskriminasi pekerjaan berdasarkan status perkawinan atau orang tua mereka, dengan majikan yang sering enggan membayar cuti hamil.

Sebuah laporan oleh Human Rights Watch awal tahun ini, yang mengacu pada studi, laporan media sosial, liputan berita, dokumen pengadilan dan wawancara, menemukan perempuan di beberapa perusahaan disuruh menunggu giliran untuk mengambil cuti hamil. Jika mereka hamil lebih cepat dari 'jadwal', mereka dapat dipecat atau dihukum.

Tidak mengherankan, banyak wanita muda yang berpikiran karir di China, menjadi semakin kecewa dengan tradisi dan institusi seperti pernikahan dan persalinan.

"Sebagai seorang wanita, saya merasa seperti berada di jalan yang semakin sempit, dan tidak ada jalan untuk kembali," tulis kelompok hak-hak perempuan di Weibo pada Hari Kamis, sebagai tanggapan atas kebijakan baru tersebut.

Partai Komunis telah mengakui masalah ini dan berjanji untuk mengatasinya. Amandemen baru berjanji untuk melindungi hak perempuan atas pekerjaan, mengatakan pemerintah akan bekerja dengan sektor swasta untuk mendirikan fasilitas penitipan anak di tempat umum dan tempat kerja, kata kantor berita pemerintah Xinhua.

Pemerintah juga akan "menggelar langkah-langkah yang lebih mendukung dalam hal keuangan, perpajakan, asuransi, pendidikan, perumahan dan pekerjaan, untuk meringankan beban keluarga," tambah Xinhua.

china
Ilustrasi bayi. (Unsplash/Luma Pimentel)

Sementara, teks undang-undang keluarga berencana yang diubah belum tersedia untuk umum. Artikel oleh Xinhua dan media pemerintah lainnya tidak memberikan rincian lebih lanjut, tentang bagaimana tindakan perlindungan itu akan diterapkan, seperti apakah akan ada hukuman yang lebih keras bagi majikan yang mendiskriminasi ibu.

Meskipun sejumlah kota dan provinsi telah memberikan beberapa tindakan yang diminta oleh para aktivis, seperti Shanghai menawarkan 10 hari cuti melahirkan, mereka masih terlalu terbatas, dan jauh dari reformasi nasional yang diperlukan untuk mengangkat angka kelahiran, beberapa ahli mengatakan.

Untuk diketahui, pada 2019, tingkat kelahiran nasional mencapai level terendah dalam 70 tahun sejak berdirinya Republik Rakyat China. Tahun berikutnya, jumlah bayi baru lahir turun lagi 18 persen.

Itu berarti, negara terpadat di dunia dengan 1,4 miliar penduduk ini telah mengalami penurunan tingkat kesuburan, dari lebih dari lima kelahiran per wanita menjadi kurang dari dua, hanya dalam 40 tahun. Itu salah satu tingkat kesuburan terendah di dunia, setara dengan Jepang dan Korea Selatan, yang keduanya juga menghadapi krisis demografi yang menjulang.

"Jika negara tidak dapat melindungi hak-hak perempuan, tetapi hanya mendorong persalinan, tidak masalah jika cuti melahirkan adalah 98 hari atau tiga tahun, itu sama dengan menghilangkan karier mereka," tutur Xu Chao, seorang dokter di Shandong. .

Bagi wanita di China, yang telah berjuang begitu lama di tempat kerja dan yang sekarang menikmati kehidupan yang relatif mandiri, memiliki lebih banyak anak membutuhkan pengorbanan yang luar biasa, dibutuhkan lebih dari sekadar revisi undang-undang untuk mendorong ledakan bayi.