Baru 9 Ribu dari Total 49 Ribu Nakes di Surabaya Disuntik Vaksin Moderna
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Percepatan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) di Surabaya terus dilakukan. Hingga saat ini, baru 9.194 dari 49 ribu nakes yang sudah disuntik vaksin moderna, yang berfungsi sebagai immune booster.

"Yang sudah disuntik vaksin dosis ketiga ada sebanyak 9.194 nakes. Sementara nakes di Kota Surabaya itu sebanyak 49 ribu," kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, di Surabaya, Kamis, 19 Agustus.

Eri Cahyadi mengatakan Surabaya baru mendapatkan jatah 24 ribu dosis vaksin jenis moderna sejak dua pekan lalu. Sejak itu pula, vaksinasi kepada para nakes dilakukan secara bertahap, karena harus melihat KIPI pasca disuntik vaksin. 

"Para nakes kita vaksin bertahap, karena ada KIPI-nya, mulai dari panas demam dan juga pusing. Kalau disuntik bareng khawatir banyak yang sakit akibat efek samping vaksin. Makanya kita melakukannya secara bertahap," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita, membenarkan  hingga Rabu, 18 Agustus para nakes yang sudah divaksin moderna sebanyak 9.194 orang. 

"Itu artinya baru 10 persen dari total 49 ribu nakes di Surabaya," kata Febria.

Dia mengakui setelah disuntik moderna, para nakes itu mengalami KIPI mulai dari demam, batuk, pusing dan nyeri. "Kalau seperti itu harus dikompres, makanya kita suntiknya bertahap," katanya.

Febria menjelaskan target selesainya 24 ribu vaksin itu pada Agustus 2021. Dia juga berharap vaksin jenis moderna itu bisa datang kembali supaya semua nakes di Surabaya bisa segera tervaksin semuanya.

"Insyallah akhir Agustus sudah rampung," katanya.

Terkait