Bagikan:

JAKARTA - Raja Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX yang wafat Jumat 13 akan dimakamkan pada hari Minggu 15 Agustus di pemakaman raja-raja Astana Girilayu, Matesih, Karang Anyar. Demikian keterangan resmi yang dikemukakan pikan Humas Pura Mangkunegaran Solo.

Saat menghembuskan nafas yang terakhir Raja Solo berdomisili di Jakarta dan menjalani pengobatan di ibukota. "Beliau itu sudah sepuh dan kondisi fisikinya tidak seperti orang muda. Usianya sudah 70 tahun lebih," ujar Joko Pramudyo, Staf Humas Pura Mangkunegaran Surakarta.

Menurut Joko almarhum akan dimakamkan pada Minggu 15 Agustus dengan upacara adat Jawa. "Seperti pemakaman raja-raja Solo akan a da upacara adat. Di depan pendopo akan acara adat yang akan diikuti oleh anak-anak dan garwo (istri). Setelah itu jenazah diperangkatkan ke lokasi pemakaman," katanya.

Menurut Kapolresta Surakarta, Kombes Polisi Ade Safri, pihaknya akan memberikan bantuan untuk pengamanan prosesi keberangkatan jenazah dari Puro Mangkunegaran menuju tempat pemakaman.

"Pemakaman akandilaksanakan hari Minggu 15 Agustus. Akan diawali dengan acara tradisi pukul 10.00 WIB. Setelah itu jenazah dibawah ke Girilayu Matesih, Karang Anyar dengan pengawalan dari Polresta Surakarta," jelas Kombes Polisi Ade Safri soal rencana pemakaman Mangkunegara IX. Inilah rekaman selengkapnya.