VIDEO: Usaha Menur, Putri Mangkunegara IX Datang Melihat Ayahanda yang Terakhir Kali
Menur akan menghadiri pemakaman ayahnya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX. (Insatgram @menursoekarno77)

Bagikan:

JAKARTA - GRA Agung Putri Suniwati atau Menur, putri raja Mangkunegara IX melakukan berbagai upaya agar bisa hadir di pemakaman ayahanda tercinta. Kalau tidak ada halangan ayahnya akan dimakamkan pada Minggu, 15 Agustus di Pemakaman  Astana Girilayu, Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah.

Keadaan pandemi COVID-19 membuat semuanya serba terbatas, begitu juga untuk bepergian. Menur dengan segala upaya berusaha agar dia bisa menghadiri pemakaman ayah tercinta. Inilah untuk terakhir kalinya ia melihat jasad sang ayah sebelum dikebumikan dan menyatu dengan bumi.

Mulanya dia mengatakan tidak bisa datang ke Solo karena belum vaksinasi dan harus menjaga anaknya yang masih kecil. Namun saat dikonfirmasi ulang oleh VOI, akhirnya dia mengatakan bisa setelah vaksinasi selesai dilakukan. "Vaksinasi menjadi syarat penerbangan, jadi setelah itu dilakukan baru saya bisa berangkat ke Solo," katanya.

Almarhum menghembuskan napas terakhir pada Jaumat 13 Agustus dini hari. Sebelum wafat, Mangkunegara IX dikabarkan sempat menderita sakit. Menur mengatakan kalau ayahnya sempat mengeluhkan sakit di bagian dada sebelah kiri dan sempat dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta. 

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, Mangkunegara IX sudah bermukim di Jakarta hingga akhir hayatnya. Dan saat berada di Jakarta itu kondisinya memang sudah sepuh (tua). "Beliau itu sudah sepuh dan kondisi fisikinya tidak seperti orang muda. Usianya sudah 70 tahun lebih," ujar Joko Pramudyo, Staf Humas Pura Mangkunegaran Surakarta dalam kesempatan terpisah. Simak video selengkapnya.