Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mencatat bahwa akan ada tambahan stok vaksin sebanyak 77,5 juta dosis selama bulan Agustus. Adapun, Kementerian Kesehatan juga telah menyiapkan proses distribusinya ke 45 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4.

Vaksin juga akan disalurkan ke 4 kabupaten/kota di Papua. Distribusi ini juga dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar pada 2 hingga 15 Oktober.

"Jumlah vaksin yang akan tiba di Agustus 2021 sebesar 72 juta ditambah 5,5 juta. Jadi sekitar 77,5 juta dosis," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Senin, 9 Agustus.

Airlangga mengatakan khusus untuk di luar daerah Jawa-Bali, pada periode Juli-Agustus ada sekitar 10,6 juta yang akan didistribusikan.

"Kemudian yang akan juga hadir 12 Agustus 6 juta, dan ada rilis pengiriman 5,6 juta. Diharapkan ini bisa terkirim minggu ke 3 Agustus 34 juta dari total 73 juta yang akan datang di Agustus," tuturnya.

Lebih lanjut, Airlangga meminta, agar para kepala daerah tidak menyimpan stok vaksin. Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua juga diminta untuk segera diberikan.

"Pemerintah daerah agar tidak menyimpan stok vaksin dan vaksinasi dosis kedua mendesak untuk segera diberikan," tuturnya.

Airlangga mengatakan percepatan vaksinasi ditargetkan melalui bantuan TNI, Polri, pemerintah daerah, dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dengan mengoptimalkan bidan sebagai vaksinator.