Polisi Tangkap Pelaku Penyebar Wafer Isi Paku dan Silet di Jember, Motifnya Tolak Bala
Wafer isi silet (DOK IST)

Bagikan:

JEMBER - Polisi menangkap terduga pelaku yang menyebarkan wafer berisi kepingan benda tajam seperti paku hingga silet. Pelaku berinisial AG ditangkap di rumahnya, di wilayah Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur.

"Betul kita mengamankan terduga yang dicurigai pelaku yang menyebarkan snack berisi benda tajam," kata Kasat Reskrim Polres Jember AKP Komang Arya Wiguna kepada wartawan, Selasa, 3 Agustus. 

Komang mengatakan pihaknya masih mendalami motif dari perbuatannya memberikan anak-anak wafer isi silet. Namun dari pengakuan sementara pelaku yakni untuk menolak bala.

"Hasil pemeriksaan sekilas yang bersangkutan sengaja membuat snack itu untukk menolak bala. Karena merasa agak paranoid dan beranggapan sering dikirimi makanan cokelat," kata dia.

Dalam aksinya, AG sengaja membeli wafer cokelat. Kemudian dibuka dan disisipi benda tajam. 

Setelah itu wafer dimasukan kembali dan direkatkan kembali menggunakan korek api. Makanan itu lalu disebarkan di jalan.

"Pengakuan sementara sudah 10 kali, beraksi sendiri," katanya.

Sebelumnya, warga Jalan Cempedak, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, digegerkan dengan makanan ringan wafer berisi kepingan benda tajam seperti paku hingga silet.

Wafer tersebut dibagikan oleh orang tak dikenal kepada anak-anak yang sedang bermain. 

Awalnya dua anak yang sedang bermaIin di halaman rumahnya, Sabtu, 31 Juli didatangi orang tak dikenal memberikan dua bungkus wafer. Setelah dimakan sedikit, anak tersebut merasakan ada benda tajam dan dimuntahkan.

Keduanya lantas melapor ke orang tuanya. Setelah bungkusnya dibuka semua, mereka menemukan silet hingga paku.