Antisipasi Kepadatan KRL, Pemprov DKI Operasikan 50 Bus Gratis
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 50 bus gratis untuk mengantisipasi kepadatan penumpang di stasiun KRL dari Jakarta menuju Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) dan sebaliknya. Bus gratis ini sudah dioperasikan mulai sore tadi.

"Kami menyiapkan 50 bus gratis untuk penumpang KRL di kota-kota penyangga," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Jumat 12 Juni. 

Kata dia, 50 bus gratis itu akan beroperasi pada hari Senin dan Jumat. Setiap Jumat bus akan mengantarkan penumpang dari Jakarta ke Bodetabek. Sedangkan hari Senin, bus itu akan mengangkut penumpang dari Bodetabek menuju Jakarta.

Namun, kata dia, bus tersebut tidak ditempatkan di semua stasiun, tapi di stasiun besar saja. Seperti, Stasiun Sudirman, Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Juanda, dan Stasiun Bogor. 

"Di tiap stasiun tersebut akan disediakan 5-10 bus gratis. Beroperasi pada Jumat sore dari Jakarta ke Bodetabek dan Senin pagi dari Bodetabek ke Jakarta," ujar dia.

Sementara, pada hari Jumat sore, pengoperasian bus gratis dari Jakarta menuju Bodetabek mulai dari Stasiun Sudirman, Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Juanda.

Jadwalnya, bus yang berangkat menuju terminal Baranangsiang Bogor ada pada pukul 16.30 dan 18.30 WIB, terminal Bekasi pada pukul 16.45 dan 18.45 WIB, Pasar Modern BSD pada pukul 17.00 WIB, Terminal Depok Margonda pada pukul 17.30 dan 19.00 WIB, Terminal Cikarang pada pukul 17.45 dan 19.30 WIB, dan Bintaro Exchange pada pukul 18.00 WIB.

Diketahui, sejak 5 Juni lalu, Gubernur DKI Anies Baswedan membuka kembali seluruh perkantoran di Jakarta. Dengan begitu, maka karyawan yang berdomisili di Jakarta maupun di wilayah penyangga kembali bekerja dengan normal. 

Namun, kapasitas penumpang di dalam kereta dibatasi hanya menjadi 35 persen. Dampaknya, terjadi kepadatan antrean yang mengular sampai di luar stasiun kereta komuter.