Raja Thailand dan Istrinya Berselawat Agar COVID-19 Segera Musnah Dari Dunia, Cek Faktanya!
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Akun Facebook Anis Rosita membagikan sebuah video dengan klaim Raja Thailand Vajiralongkorn dan istrinya berselawat agar COVID-19 segera hilang dari dunia dan negeri ini.

Selain Raja Thailand, terlihat beberapa tamu undangan lain yang turut berdoa. Narasi dalam video berdurasi 1 menit 7 detik sebagaimana dikutip dari turnbackhoaks, Sabtu, 24 Juli ditulis

"Malu gak.. Malu gak ya malulah masa enggak… Indonesia di do’ain sm negara lain biar cpt hilang corona nya.. Sedangkan diluar negri dll udh aman dari corona.. Yuk mari kita berdoa..

turnbackhoaks

Benarkah hal ini? Mari cek faktanya! 

Video yang diunggah akun Anis Rosita merupakan peristiwa saat Raja Thailand Vajiralongkorn menghadiri acara peringatan Maulid Nabi pada April 2019 lalu dan tidak ada kaitannya dengan wabah virus COVID-19. 

Saat mengunggah tangkapan layar dari video tersebut, ditemukan gambar serupa terdapat di saluran Youtube NBT World, dengan judul 'HM the King attends Maulid Nabi event,' diunggah pada 3 April 2019. 

"Dalam keterangan video berbunyi siaran langsung Yang Mulia Raja memimpin Maulid Tahunan di Thailand tahun 1440 Hijriah, di Pusat Administrasi Urusan Agama Islam Nasional Chalerm Phrakiat, 3 April, 62 BE," tulis turnbackhoaks. 


Video yang diunggah sudah diedit dengan menambahkan suara selawat dari Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf. "Video serupa juga pernah dibahas dalam artikel turnbackhoax.id berjudul '[SALAH] Video Raja Thailand dan Istrinya bersholawat agar Corona hilang dari Dunia dan negeri ini,' terbit pada 7 Juli 2020. Dengan demikian, video tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang dimanipulasi," demikian. 

turnbackhoaks