Firli Bahuri: Negeri Ini Butuh Anak Bangsa Punya Keberanian Besar untuk Perang Badar Lawan Korupsi
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Humas KPK)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut Indonesia butuh anak muda yang punya keberanian serta teladan seperti keluarga Nabi Ibrahim AS untuk melawan korupsi.

"Negeri ini butuh anak-anak bangsa yang memiliki keberanian luar biasa layaknya seorang Ismail, kerelaan dan keikhlasan sejatinya Siti Hajar, keteguhan segenap hati serta jiwa ayah bernama Ibrahim dalam perang badar melawan korupsi yang telah menggurita di negeri ini," kata Firli dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa, 20 Juli.

Dia menilai sifat yang dimiliki keluarga Nabi Ibrahim AS merupakan solusi dari permasalahan besar bangsa kita, yaitu laten korupsi serta perilaku koruptif yang masih berurat akar di republik ini.

Bukan menyerah atau larut dalam bisik dan bujuk rayu setan yang terkutuk, kata Firli, Nabi Ibrahim sekeluarga justru melempari penghuni kekal neraka (setan) ini dengan batu. Kemudian, tindakan ini menjadi kegiatan melempar jumrah dalam salah satu tata cara pelaksanaan ibadah haji di tanah suci Makkah Al Mukaramah.

Sehingga bercermin dari teladan keluarga Nabi Ibrahim AS, Firli berharap, Hari Raya Iduladha bisa jadi momentum melempar jauh perilaku koruptif serta menyembelih sifat lain seperti tabiat, tamak, yang terpendam dalam diri setiap manusia.

"Tabiat tamak manusia pada hakikatnya adalah wujud nyata ketidakmampuan kita mengontrol dan mengendalikan hasrat serta hawa nafsu sehingga menjadi rakus layaknya seeekor tikus, tidak pernah puas, selalu merasa kurang dengan apa yang telah dimiliki," ungkapnya.

"Dengan meneladani kisah Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS, khususnya Baginda Rasulullah Muhammad SAW, esensi dan makna Idul Adha serta menjaga akhlakqul karimah antikorupsi, mari kita rayakan Idul Adha, hari raya kurban dengan sederhana, beribadah bersama keluarga dirumah saja," imbuh eks Deputi Penindakan tersebut.

Firli juga meminta masyarakat senantiasa berdoa meminta kepada Allah agar Indonesia bisa memenangkan perang badar melawan korupsi.

"Tetap meriahkan lebaran dengan bersilaturahmi ke sanak famili, keluarga, teman, sahabat melalui tatap muka langsung via online, dan senantiasa berdoa memohon kehadirat Allah SWT dalam perang badar bangsa ini melawan korupsi di NKRI," pungkasnya.