<i>Update</i> COVID-19 Per 5 Juni: 19 Daerah Minim Kasus Baru, Jawa Timur Paling Tinggi Disusul Jakarta
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (Foto: Dok Gugus Tugas)

Bagikan:

JAKARTA - Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto memaparkan perkembangan kasus per Jumat, 5 Juni pukul 12.00 WIB. Terjadi penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 703 pasien hari ini. Sehingga total kasus positif menjadi 29.521 orang.

Yuri menjelaskan, per hari ini ada 19 provinsi dengan pertambahan kasus positif COVID-19 di bawah 10 orang. Di antaranya Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Selawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Selawesi Tengah, Lampung, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Ditambah, provinsi yang tidak memiliki kasus baru per hari ini adalah Aceh, Bengkulu, Riau, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Gorontalo.

"Ini sesuatu yang menggembirakan, karena ini menggambarkan kondisi masyarakatnya yang sudah mulai bisa menerapkan kriteria aman dari COVID-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan dengan cara yang baik," kata Yuri di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat, 6 Juni.

Sementara, provinsi dengan pertambahan kasus terbanyak hari ini adalah Jawa Timur. Hari ini 141 kasus baru dengan total kasus 55.49 orang. Kemudian, DKI Jakarta mengalami kenaikan 76 kasus dengan total 7.766 orang dan masih menjadi provinsi dengan angka kasus akumulatif terbanyak se-Indonesia. 

Di bawahnya, ada Kalimantan Selatan dengan kenaikan kasus baru 71 orang, Jawa Tengah 58 orang, Sulawesi Selatan 54 orang, Nusa Tenggara Barat 652 orang, dan Sumatera Utara 49 orang. 

Kemudian, pasien meninggal bertambah 49 orang, sehingga menjadi 1.770 pasien. Ada penambahan sebanyak 551 pasien sembuh, sehingga total menjadi 9.443 pasien. "Angka kesembuhan sebagian besar dialami kelompok usia 29 sampai 45 tahun," ungkap Yuri.

Kata Yuri, Jawa Timur memang hari ini melaporkan kasus positif terbanyak dalam satu hari, tetapi juga melaporkan kasus sembuh yang cukup banyak, yakni 118 sembuh. Sementara, kasus sembuh terbanyak hari ini berada di DKI Jakarta dengan 144 orang sembuh. 

Banten melaporkan ada 24 kasus baru, namun yang sembuh ada 45. Sumatera Barat 13 kasus baru, 21 orang sembuh. Jawa Barat 12 kasus baru, 45 orang sembuh. Kalimantan Barat ada 3 kasus baru, 15 orang sembuh. Papua Barat hari ini melaporkan 2 orang kasus baru, namun ada 17 kasus yang sembuh pada hari ini. 

"Ini yang harus kita syukuri bahwa sekarang semakin cenderung banyak yang jadi semakin sembuh," tutur dia.