Respons Wagub Soal Tak Ada Jakarta di Jadwal Penyelenggara Formula E 2022: Saya Baru Dengar
ILUSTRASI/UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Otomotif Internasional (FIA) selaku pengelola Formula E di New York, Amerika Serikat (AS), merilis kalender sementara penyelenggaraan Formula E pada tahun 2022. 

Namun, Jakarta tak ada dalam daftar penyelenggara Formula E di tahun 2022. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku baru mengetahuinya.

"Nanti kita cek ya. Saya baru dengar ini soal Formula E," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Juli.

Riza menyebut BUMD PT Jakpro selaku pelaksana Formula E di Jakarta akan menindaklanjutinya.

"Nanti dicek di Jakpro yang diberi tugas untuk mengurus, melaksanakan Formula E di Jakarta tahun 2022," ungkapnya.

Kosongnya nama Jakarta dalam kalender penyelenggara ajang balap mobil bertenaga listrik ini menimbulkan tanda tanya. Sebab, beberapa waktu lalu, Riza meyakini Formula E dapat digelar di tahun 2022 setelah ditunda selama 2 tahun sejak 2020.

Jika tahun 2022 pandemi COVID-19 masih melanda, Riza yakni DKI akan bisa menyelenggarakan Formula E dengan penerapan protokol kesehatan.

"Insyaallah tahun 2022 kita akan melaksanakan Formula E di Jakarta. Tentu sesuai dengan peraturan, ketentuan dsb dan protokol kesehatan kalau memang nanti tahun 2022 masih cukup tinggi," ucap Riza pada 22 Maret.

Diketahui, dalam laman resminya, fiaformulae.com, FIA merilis 16 balapan di 12 kota. Meski demikian, tak ada nama Jakarta dalam daftar penyelenggara. Sementara, ada satu jadwal dengan keterangan TBD atau to be determined pada 4 Juni 2022.

Co Founder FIA Formula E Alberto Longo menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta waktu tambahan untuk ditetapkan sebagai salah satu penyelenggara ajang balap mobil listrik tersebut.

"Rencananya kami akan pergi (menyelenggarakan) di sana, tapi Gubernur (Anies) sendiri meminta waktu untuk (menunda) pengumuman balapan tersebut (untuk lokasi Jakarta)," kata Alberto dikutip dari motorsport.com pada Selasa, 13 Juli. 

Melansir Jalopnik, musim ke-8 dari Formula E bakal membawa pebalap dan timnya ke lebih banyak negara di dunia. Selain ke Arab Saudi, Meksiko, China, Italia, Monako, Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris - yang telah jadi langganan penyelenggara Formula  E - tahun depan akan ada kota Cape Town (Afrika Selatan), Vancouver (Kanada), dan Seoul (Korea Selatan).