Pulih dari COVID-19, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Bagikan Tips Ampuh
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron dinyatakan sembuh setelah sempat terpapar COVID-19. Dia mengatakan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukannya menunjukkan hasil negatif.

"Per tanggal 9 Juli 2021 ini saya baru dapat hasil tes PCR bahwa hasilnya sudah negatif COVID-19," kata Ghufron kepada wartawan, Jumat, 9 Juli.

Dia mengatakan kondisi kesehatannya saat ini mulai pulih seperti sebelum terpapar COVID-19 setelah menjalani isolasi mandiri dan pengobatan.

Lebih lanjut, Ghufron berpesan kepada pasien COVID-19 untuk menjaga pola makan dan mengonsumsi vitamin yang diperlukan. Selain itu, dia juga meminta mereka untuk tetap beraktivitas agar tidak stres selama isolasi mandiri.

Selain itu, dia juga mengingatkan pasien COVID-19 untuk berjemur dan jangan merasa terisolir dari teman maupun keluarga dengan tetap melakukan komunikasi. 

Ghufron mengatakan dia sengaja menyampaikan kabar kesembuhannya karena saat ini begitu banyak kabar kematian akibat virus tersebut. 

"Penting saya sampaikan ini karena di tengah saling susul-menyusulnya berita wafatnya sahabat-sahabat, para ulama, teman-teman karena COVID-19 yang terus membanjiri ruang dengar dan ruang baca, sosial media maupun group-group semakin mengerikan," ungkapnya.

Dirinya mengatakan, angka kematian akibat COVID-19 yang banyak terjadi itu benar adanya. Tapi dia mengingatkan persentase kesembuhan pasien dari virus ini tak kalah banyaknya.

"Bahwa yang wafat, banyak (itu, red) benar. Namun persentase kesembuhannya sesungguhnya jauh lebih banyak," ungkapnya.

"Mari alumni COVID-19 kalau kita tak mampu mengobati sahabat kita yang sakit mari setidaknya kita bersedekah semangat hidup. Sebarkan cerita sukses kalau anda mampu melawan COVID-19," imbuh Ghufron.

Diberitakan sebelumnya, terdapat 113 pegawai dan pihak terkait di lingkungan KPK dinyatakan positif COVID-19. Dari jumlah itu, 107 orang menjalani isolasi mandiri di rumah, lima dirawat dengan gejala ringan sampai sedang, dan satu orang meninggal dunia. 

"Data per 30 Juni 2021 tercatat total 113 pegawai dan pihak terkait lainnya di lingkungan KPK yang terkonfirmasi positif Covid-19," ungkap Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati.