Risma Kesal Mobil Tes PCR untuk Surabaya Diserobot
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Foto; Instagram @pdiperjuangan)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sangat marah mengetahui ada pihak yang menyerobot mobil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) COVID-19. Sebab, Mobil yang dikirim oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sedianya untuk Surabaya. 

Mobil itu disebut dialihkan ke daerah lain oleh Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur. Kemarahan Risma di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat 29 Mei ini, diketahui dalam sebuah video yang beredar. Dalam video itu Risma tengah menelpon seseorang dengan nada keras. 

Namun demikian, dalam video yang diunggah akun Instagram @pdiperjuangan tidak merinci siapa pihak yang mengalihkan mobil itu. Demikian juga ke daerah mana mobil itu dialihkan. 

"Saya enggak terima, Pak!. Saya dibilang yang enggak bisa kerja. Kalau ngawur menyerobot gitu, sebenarnya siapa yang tidak bisa kerja? Kalau mau memboikot tidak begitu caranya," kata Risma seperti dilihat dalam akun @pdiperjuangan.

Kemudian, Risma berkoordinasi dan menghubungi berbagai pihak yang telah dimintai bantuan untuk mendatangkan mobil laboratorium tersebut. Bahkan, ia melaporkan kejadian tersebut kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

Setelah melaporkan, Risma menyebut Doni berjanji mengecek keberadaan mobil pemeriksaan PCR COVID-19. Sebab, memang dua mobil bantuan itu diprioritaskan untuk penanganan virus cororna di Kota Surabaya.

"Teman-teman, lihat sendiri kan, ini bukti permohonan saya dengan Pak Doni. Jadi, ini saya sendiri yang memohon kepada beliau. Kasihan pasien-pasien yang sudah menunggu," ujar Risma.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengirim mesin pemeriksaan virus Polymerase Chain Reaction (PCR) berteknologi canggih ke Surabaya. Mesin PCR ini dioperasikan di dalam mobil sehingga memudahkan untuk mobilitas pemeriksaan.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebut, alasan mobile combat dikirim ke Jawa Timur karena tingkat penularan di provinsi ini kian meluas. Dalam beberapa hari terakhir, angka penularan COVID-19 di Jawa Timur dalam satu hari paling banyak dibanding provinsi lain.

“Dalam beberapa hari terakhir ini memang terjadi peningkatan sejumlah kasus, namun tidak terlepas upaya pemerintah Surabaya Jawa Timur untuk memperbanyak pemeriksaan," kata Doni. 

Mobile combat COVID-19 yang dikirim ini memiliki teknologi canggih dari Korea Selatan. Jika mesin PCR biasa mendapatkan hasil tes COVID-19 dalam waktu 24 jam, mesin ini mampu memeriksa lebih cepat, yakni sekitar 40 menit.

Mesin ini menggunakan teknologi crystal mix dengan reagen yang padat. Di dalam mobile combat tersebut, ada tiga titik negatif preasure yang di-install. Satu titik di dalam kabinet sendiri, satu di swab cambers, dan satu di dalam ruangan.