PGN Turun Tangan Bantu Pasokan Oksigen untuk Pasien COVID-19
PT Samator, Kendal pabrik produsen gas yang memasok oksigen untuk keperluan medis di Jawa Tengah dan DIY. (foto: ANTARA/HO-PLN)

Bagikan:

JAKARTA  - Pasokan oksigen untuk kebutuhan medis terus ditingkatkan oleh pemerintah. Upaya ini juga dibantu oleh sejumlah BUMN. Misalnya PT Perusahaan Gas Negara Tbk sebagai subholding gas Pertamina berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam rangka penanganan pandemi COVID-19 dengan memberikan bantuan oksigen medis dan tabung penyimpanan oksigen.

Sekretaris PGN Rachmat Hutama dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menjelaskan berupaya mengerahkan kapasitas yang dimiliki untuk turut membantu upaya peningkatan suplai oksigen medis.

“Pasokan oksigen di rumah sakit semakin berkurang, sedangkan kebutuhannya sangat dibutuhkan saat ini. Semoga bantuan dari subholding gas dapat membantu penyediaan suplai oksigen medis," kata Rachmat.

PGN melalui Pertamina Gas menyerahkan bantuan oksigen dan tabung ke wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Di Jawa Tengah, total 14,8 ton oksigen diserahkan di RSUD Loekmono Hadi, RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo, RSUD RAA Soewondo, dan RSUD Dr Soetrasno.

 Sedangkan di Yogyakarta, total bantuan sebanyak 15,1 ton Oksigen diserahkan di RSUD PAU Hardjolukito, RS Panti Rapih, PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RSUD Bantul, RS PKU Bantul, dan RS PKU Gamping.

 Penyerahan bantuan oksigen medis tersebut menggandeng sejumlah stakeholder, seperti Samator Group melalui PT Aneka Gas Industri Kendal dan PT Samator & Industri Yogyakarta untuk distribusi bantuan ke rumah sakit.

Adapun untuk penyediaan gas dan transportasi bekerja sama dengan PT Etkom Inti Energi, serta Kemenkes dan Satgas Oksigen Jawa Tengah untuk data pendukung dan kebijakan distribusi.

Selanjutnya, Pertagas Niaga melakukan konversi gas alam cair trucking idle sebanyak enam unit selama dua bulan untuk pengangkutan dan pendistribusian oksigen ke berbagai rumah sakit di Pulau Jawa.

Turut bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Samator, PT Gagas menyerahkan bantuan tabung penyimpanan oksigen kepada RSUD Kramat Jati di Jakarta Timur.

Bantuan tabung penyimpanan oksigen yang diberikan sebanyak empat tabung dengan masing-masing kapasitas tabung sebesar 175 liter.

Rachmat Hutama mengungkapkan atas himbauan dari Holding Pertamina, bantuan oksigen diserahkan karena meningkatnya kasus COVID-19 di operation east region yang mencakup Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Kondisi operation east region yang berada di Pulau Jawa rata-rata bed occupancy ratio isolasi dan ICU Nasional mencapai 73 persen untuk DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah mencapai lebih dari 90 persen.

"Kondisi tersebut mengakibatkan kebutuhan pasokan oksigen untuk rumah sakit di seluruh provinsi di Pulau Jawa meningkat pesat," kata Rachmat.

Berdasarkan data Dijend Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindustrian, kebutuhan oksigen medis saat ini menjadi 800 ton per hari atau naik 69,3 persen dibandingkan kondisi normal.

Rachmat berharap bahwa bantuan oksigen medis juga sebagai wujud nyata semangat Energizing You Pertamina dan gotong royong sebagai bagian dari Holding Migas dalam menghadapi peningkatan kasus COVID-19.