Wapres Ma'ruf Amin Tuai Kritik Serukan Wisata ke Raja Ampat Saat COVID, Jubir: Maksudnya Bila Kondisi Sudah Pulih
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan di Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021 dan Launching Vaksinasi (ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres)

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi angkat bicara perihal ajakan berwisata ke Raja Ampat yang disampaikan Wapres Ma'ruf Amin saat membuka acara Raja Ampat e-Festival pada Senin, 28 Juni kemarin. Pernyataan Ma'ruf Amin ini menuai kritik. 

Menurut Masduki ajakan ini dimaksudkan sebagai persiapan dan bisa dilakukan saat pandemi COVID-19 mulai mereda.

"Harus saya tegaskan bahwa maksud pernyataan wapres tersebut adalah dalam rangka persiapan apabila kondisi pandemi COVID-19 sudah pulih dan aman bukan saat ini, ketika kita sedang menghadapi pandemi COVID-19 dengan kebijakan pembatasan ketat," kata Masduki dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa, 29 Juni.

Lebih lanjut, Masduki menegaskan Ma'ruf adalah sosok yang konsisten dan sangat peduli mengajak seluruh lapisan masyarakat terlibat secara intens menangani COVID-19 beserta dampaknya. 

Mantan Rais Aam PBNU itu, sambungnya, juga merupakan orang yang taat dalam melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatannya sehari-hari. Sehingga, tak mungkin Ma'ruf mengajak masyarakat berwisata di tengah kondisi COVID-19 terus meningkat.

"Untuk itu sekali lagi saya tegaskan bahwa Wapres tidak mengajak masyarakat untuk berwisata di tengah masa pandemi COVID-19 saat ini, melainkan memberikan semangat agar masyarakat semakin ketat menerapkan protokol kesehatan untuk membantu pemulihan masyarakat di bumi pertiwi Indonesia dari dampak pandemi," ungkap Masduki.

Kalaupun saat pandemi COVID-19 telah melandai, Ma'ruf tetap meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mengendalikan penyebaran virus. Hal ini, kata Masduki, tentunya akan berdampak pada pemulihan ekonomi di berbagai sektor termasuk pariwisata.

"Insyaallah kita bisa menekan laju penyebaran COVID-19 dan Indonesia segera pulih dan aman dari pandemi COVID-19. Di saat itulah kita membangkitkan ekonomi nasional, termasuk di dalamnya, mengaktifkan kunjungan pariwisata," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mengajak berwisata ke Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Promosi wisata yang digaungkan Ma'ruf guna mendukung gerakan bangga berwisata di Indonesia.

"Berkaitan dengan gerakan bangga berwisata di Indonesia, saya mengajak kita semua untuk berkunjung ke Raja Ampat menikmati keindahan alam dan budaya yang eksotis," kata Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan secara virtual pada pembukaan kegiatan Raja Ampat E- Festival 2021 dilansir Antara, Senin, 28 Juni. 

Dia mengatakan gerakan bangga berwisata diharapkan dapat mendukung pencapaian perekonomian sektor pariwisata. Mendukung tumbuh kembang sektor kuliner khas Papua Barat.

Wapres Ma'ruf berharap pemerintah daerah di Papua Barat dan juga Raja Ampat membangun sentral-sentral suvenir khas kearifan lokal Papua Barat yang sesuai perkembangan jaman dan kebutuhan pasar.