Satgas Didesak DPR Bantu Tenaga Kesehatan Tangani Pasien COVID-19
ILUSTRASI/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melkiades Laka Lena meminta Satgas COVID-19 bisa membantu dan mengatur para tenaga kesehatan (nakes) dalam merawat pasien COVID-19. Tujuannya agar penanganan pandemi dapat berjalan optimal. 

"Disiapkan betul dari para Satgas di tingkat lokal agar mampu menangani situasi ini pada pola hulu maupun hilir," ujar Melki, Kamis, 24 Juni.

"Juga sekaligus tenaga kesehatan harus diatur distribusi, pembagian tugasnya di berbagai tempat ini. Sehingga mereka bisa menangani isolasi terpusat, membantu para nakes agar bekerja dengan baik," sambungnya.

Selain itu, Melki menilai, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang memaksa rakyat dibatasi kegiatannya harus pula diiringi dengan peningkatan kapasitas dan fasilitas kesehatan.

Misalnya, kapasitas tempat isolasi bisa terpusat di tingkat komunitas. Dalam hal ini RT, RW, dusun, kampung, desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten dan kota.

"Itu isolasi terpusat diperkuat kapasitasnya," tegas politikus Golkar itu.

Diketahui, kapasitas RSDC Wisma Atlet sudah dinyatakan penuh. Beberapa rumah sakit juga demikian, bahkan RSUP Fatmawati sudah tidak menerima lagi pasien umum akibat ketersediaan ruang rawat maupun ICU sudah habis.