PDIP Jatim Usulkan Puan Maharani Capres 2024, DPP: Keputusan Ada di Megawati
FOTO ILUSTRASI/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA -  Ratusan spanduk dan poster Ketua DPR Puan Maharani sudah nampak menghiasi kawasan Lamongan. Sebelumnya, poster Puan juga sudah terpampang di Surabaya dan sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Ternyata, adanya poster-poster itu lantaran imbas dari adanya Rakerda PDI Perjuangan Jawa Timur yang telah merekomendasikan Puan sebagai calon presiden 2024.

DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur (Jatim) telah memutuskan Puan Maharani sebagai capres 2024 dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP Jatim di Blitar.

Menanggapi keputusan tersebut, Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Partai Komarudin Watubun menyatakan, dukungan DPD PDIP Jatim tidak berpengaruh terhadap keputusan pencapresan di Pilpres 2024.

Pasalnya, keputusan penuh tetap berada ditangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Apa pengaruhnya, tidak ada pengaruhnya, karena keputusan terakhir itu ada di ketua umum. Masalah calon presiden hak prerogatifnya Ibu ketua umum," ujar Komarudin, Kamis, 24 Juni.

Namun, Komarudin tidak mempersoalkan aspirasi dari kader bawah secara struktural. Sebab, dukungan tersebut baru bersifat usulan.

Sekali lagi, dia menegaskan, bahwa calon presiden dari PDIP menjadi keputusan Megawati sebagai pemegang hak prerogatif. Kalau pun, ada dukungan masif dari berbagai daerah.

"Kan pemilu juga masih 3 tahun ya. Apalagi kita sekarang lagi menghadapi masalah Covid yang tidak tahu kapan berakhir ya," ujar Komarudin.