Terobosan Baru! Kelurahan di Kediri Berikan Rp10 Juta Kampanyekan Vaksinasi COVID-19
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

KEDIRI - Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, Jawa Timur, membuat terobosan dengan memberikan hadiah Rp10 juta bagi RW yang partisipasi warganya tinggi dalam kampanye keikutsertaan vaksinasi COVID-19.

Lurah Ngronggo Heru Sugiarto mengatakan mengajak warga ikut vaksinasi itu susah-susah gampang. Terutama untuk masyarakat awam yang belum famdengan istilah vaksinasi COVID-19.

"Kami memutar otak, mencari solusi efektif demi tercapainya target vaksinasi di Kelurahan Ngronggo. Ini nanti manfaatnya juga akan dirasakan bersama. Kami berusaha untuk segera terbebas dari pandemi ini," kata Heru di Kediri dikutip Antara, Jumat, 11 Juni.

Dia mengakui usahanya ini juga mendapatkan dukungan dari Satgas Penanganan COVID-19 Kota Kediri. Total terdapat hadiah Rp10 juta dalam kompetisi yang diselenggarakan antar-RW di Kelurahan Ngronggo.

Heru mengatakan lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat kelurahan ini menyasar tiga poin utama meliputi bersih COVID-19, bersih lingkungan dan bersih narkoba. Penilaian akan dilakukan pada 26 Juni.

"Lomba kebersihan, salah satu indikator utamanya adalah jumlah warga yang telah mengikuti vaksinasi dalam satu lingkungan RW itu, semakin banyak warga yang mau untuk divaksin, semakin tinggi nilai yang didapatkan," sambungnya.

Selain itu, ada kriteria lain yang juga menyumbang angka dalam penilaian lomba tersebut.

"Selain vaksin, ada juga kriteria penilaian seperti lingkungan bersih dari jentik nyamuk, penyakit menular, dan tidak ketinggalan bersih dari narkoba juga, sejalan dengan program Ngronggo bersinar," ujar Heru.

Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga terhadap ancaman pandemi COVID-19, baik secara langsung, melalui WhatsApp grup, hingga melalui ibu-ibu kader PKK setempat.

Terobosan tersebut juga disambut positif, salah satunya Retno Wulansari, kader di RT 1 RW 1 Kelurahan Ngronggo.

"Sangat mendukung, terobosan yang bagus, sekaligus dapat mengedukasi masyarakat untuk mengikuti vaksin, bahwa vaksin itu aman dan halal," tutur Retno.

Dia berharap, semakin banyak warga yang mau divaksin.

"Semakin banyak yang mau divaksin, semakin besar pula kemungkinan kita dapat segera terbebas dari pandemi," ujar dia.

Di Kelurahan Ngronggo sedikitnya 600 orang yang terdiri atas pelayan publik dan lansia telah terdaftar sebagai penerima vaksinasi COVID-19 yang dilakukan oleh puskesmas wilayah selatan. Data tersebut akan terus bertambah hingga target keseluruhan tercapai.