Penampakan Kobaran Api Kilang Pertamina Cilacap yang Terbakar
Kilang minyak Pertamina Cilacap terbakar (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Satu tangki kilang minyak Cilacap, Jawa Tengah, terbakar. Petugas masih berupaya memadamkan api secara total termasuk lewat proses pendinginan.

Kebakaran tangki di area kilang Cilacap, Jawa Tengah terjadi pada pukul 19.45 WIB. Penyebab kebakaran masih belum diketahui.

“Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran,” ujar Corporate Secretary PT KPI, Ifki Sukarya dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat, 11 Juni. 

Sementara itu Unit Manager Communication Relations Cilacap Refinery Unit IV Cilacap, Hatim Ilwan mengatakan petugas masih mengendalikan upaya pemadaman total. Kebakaran tangki kilang Pertamina Cilacap tak berdampak kepada warga.

“Ini lokasi di dalam, jauh dari jalan raya, jauh dari permukiman sehingga bisa dipastikan dampaknya agak jauh dari masyarakat,” katanya dikutip dari siaran Kompas TV

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 kilang Pertamina dengan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Meskipun terjadi kebakaran, Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat tetap aman.