Kapolda Kalsel Anggap Semua TPS Rawan saat PSU Tarung Ulang Paman Birin-Denny Indrayana di Pilgub
Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto (ANTARA)

Bagikan:

BANJARMASIN  - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Rikwanto mengatakan semua tempat pemungutan suara (TPS) dianggap rawan saat pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel) 9 Juni. Dua paslon yang tarung ulang di Pilgub Kalsel yakni Sahbirin Noor-Muhidin dan Denny Indrayana-Difriadi Darjat.

"Personel pengamanan tidak boleh lengah apalagi underestimate. Semua harus siap siaga untuk kemungkinan terburuk sekalipun," kata dia di Banjarmasin dikutip Antara, Minggu, 6 Juni. 

Rikwanto menegaskan setiap TPS bakal dijaga dua personel Polri dibantu TNI serta unsur Linmas guna memberikan rasa aman bagi pihak penyelenggara dan juga masyarakat saat menyalurkan hak suaranya.

Tak hanya soal kerawanan terkait gangguan kamtibmas, ancaman potensi penularan COVID-19 juga patut diwaspadai mengingat situasi pandemi.

Karena itu, Kapolda mengingatkan disiplin penerapan protokol kesehatan menjadi harga mati agar PSU Pilgub tidak jadi ajang penularan COVID-19.

"Kalau terbukti terjadi pelanggaran prokes saat di TPS, maka aparat dapat bertindak tegas sesuai aturan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 setempat," papar Rikwanto.

Sebanyak 2.628 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan mengamankan PSU yang tergelar di 827 TPS tersebar di tujuh kecamatan pada satu kota dan dua kabupaten, yaitu Kecamatan Banjarmasin Selatan di Kota Banjarmasin, lima kecamatan di Kabupaten Banjar dan 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Sebelum disebar ke wilayah yang melaksanakan PSU, Polda Kalsel bakal menggelar apel pergeseran pasukan pada Senin besok di Lapangan Polri Jalan Ahmad Yani Km 21 Kota Banjarbaru.

Seluruh personel yang bertugas juga dipastikan bebas COVID-19 setelah melalui tes cepat antigen yang dilakukan Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalsel.