Viral Air Keran Positif COVID Saat Tes Antigen, Satgas: Cari Sensasi Saja
Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tengku Said Arif Fadillah (Foto: ANTARA)

Bagikan:

RIAU - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau membantah, air keran yang dites antigen hasilnya positif COVID-19. Hal ini untuk menjawab berita viral yang dibagikan @kapten.jacksparrow di media sosial.

Arif mengajak masyarakat agar tidak peduli terhadap video tersebut, karena hal itu merupakan informasi yang tidak benar.

"Video seperti itu, terutama terkait COVID-19, sudah banyak beredar. Tidak perlu ditanggapi," katanya, saat didampingi mantan Dinkes Kepri Tjetjep Yudiana dilansir Antara, Rabu, 2 Juni. 

Arif menambahkan video-video seperti itu kerap meresahkan masyarakat dan menimbulkan rasa khawatir dan tidak percaya terhadap hasil tes antigen. Padahal berdasarkan hasil penelitian kesehatan, tingkat akurasi antigen mencapai 90 persen.

Video berdurasi 2,50 menit tersebut hanya ingin mencari sensasi agar ditonton. Semakin banyak yang menyaksikan maka pengunggah video di media sosial maupun youtube mendapatkan keuntungan.

"Saya sendiri menghindari menonton video hoaks. Mari kita bersama-sama mencerdaskan masyarakat dengan menyajikan informasi yang benar," ucapnya.

Arif, yang juga Sekda Kepri mengemukakan, tes antigen saat ini lebih banyak digunakan untuk mempercepat pelayanan kesehatan. Tes antigen yang cepat akan mempercepat pula pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kalau menunggu hasil tes PCR, cukup lama, bisa sampai sepekan. Karena itu tes antigen dipergunakan sekarang untuk mempercepat proses pelayanan kesehatan," ujarnya.