Jerman Mulai Buka Museum Galeri Seni dan Kebun Raya Setelah <i>Lockdown</i>
Musem Barbeni (Foto: museum-barberini.com)

Bagikan:

JAKARTA - Jerman mulai membuka kembali tempat fasilitas publik mereka seperti museum, galeri dan kebun raya, pada 5 Mei. Kabar itu datang saat warga Jerman sudah mulai terbiasa dengan aturan wajib pakai masker, phishycal distancing hingga pesan makan secara daring. 

Kebun raya Berlin misalnya, seperti diwartakan The Guardian, salah satu ruang terbuka hijau yang paling dicintai warga itu membuka kembali gerbangnya kemarin. Pembukaan gerbang disambut oleh bunga-bunga yang bermekaran tepat di bulan Mei. 

Kebijakan lockdown selama enam minggu di Jerman telah membatasi banyak penduduk kota untuk tinggal di apartemen mereka. Dan hari ini mereka sudah boleh mengunjungi tempat-tempat publik yang sudah dibuka kembali, namun tetap harus mempraktekan physical distancing

Kendati demikian, pengunjung kebun raya Berlin masih dibatasi. Jumlah pengunjung tidak boleh lebih dari 1.000 orang sekaligus dalam satu waktu. Selain itu, rumah kaca juga masih akan ditutup karena akan sulit menjaga penerapan phisycal distancing

Salah seorang pengunjung rutin kebun raya, Petra Scharf mengatakan, sudah menantikan pembukaan kembali Kebun Raya Berlin. The Guardian menghubunginya setelah ia melakukan kunjungan ke sana. Scharf mengaku tetap menjaga jarak aman dengan teman yang menemaninya ke tempat itu. 

Selain kebun raya, fasilitas umum lain yang sudah mulai buka kembali pada hari ini yakni Museum galeri seni Barberini di Potsdam. Karena lockdown pameran lukisan lanskap Monet di sana sempat tertunda. 

Pihak museum mengatakan telah menyiapkan prosedur tetap perlindungan dan kebersihan seperti penggunaan masker, phisycal distancing dan pembatasan jumlah pengunjung. Sementara pengunjung harus booking online terlebih dahulu untuk bisa menikmati pameran-pameran di Barberini. Kunjungan hanya diperbolehkan maksimal dua jam. 

"Kami sangat senang akhirnya bisa membuat museum diakses kembali," kata Direktur Barberini Ortrud Westheider. "Kami juga sadar akan tanggung jawab terhadap tamu dan karyawan kami."

Selain itu, galeri komersial di seluruh Jerman juga mulai akan dibuka kembali. Museum-museum negara seperti Pergamon, Alte Nationagalerie dan Gemalde Galerie serta berbagai lembaga penelitian dan perpustakaan akan dibuka kembali pada 12 Mei. 

Prosedurnya sama, pengunjung diwajibkan memesan waktu kunjungan lewat situs masing-masing tempat. Sementara untuk mereka yang belum sempat datang, tur pemandu digital masih tetap disediakan.