Kapal Kim Jong Un di Resor Pantai Pribadinya
Citra kapal Kim Jong Un (Sumber: NKNews.org)

Bagikan:

JAKARTA - Perlahan tapi pasti, misteri keberadaan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mulai terungkap. Sempat dikabarkan meninggal, sekarang ada laporan yang menunjukkan penampakan kapal milik cucu Kim Il Sung tersebut di resor pantai pribadinya.

Sebelumnya, spekulasi tentang keberadaan dan kesehatan Kim menjadi buah bibir publik internasional. Pasalnya, tidak ada kabar Kim menghadiri perayaan hari ulang tahun kakeknya, pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April lalu. Padahal itu momen penting yang biasa dirayakan oleh negara. 

Namun, kemarin lusa, 28 April, situs web pemantau Korea Utara NK Pro melaporkan tangkapan gambar citra satelit yang memperlihatkan kapal-kapal Kim di dekat Wonsan. Pemantauan pola gambar yang bergerak dari satelit menunjukkan ia dan rombongannya kemungkinan berada di daerah Wonsan.

Kapal mewah yang sering digunakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan rombongannya terlihat berada di dekat resor Pantai Wonsan. Hal ini mengindikasikan ia baru-baru ini mengunjungi vila pribadinya di lepas pantai dekat Wonsan. 

Kabar itu memperkuat laporan situs web pemantauan Korea Utara yang berpusat di AS, 38 North. Sebelumnya, tangkapan gambar satelit menunjukkan adanya kereta pribadi Kim terparkir di stasiun dekat vila pribadinya. 

Otoritas Korea Selatan dan Amerika Serikat mengamini kemungkinan Kim berada di sana. Mereka berspekulasi bahwa Kim akan tinggal di sana untuk menghindari pandemi COVID-19. Menurut mereka hal itu lebih masuk akal ketimbang kabar Kim terserang penyakit parah atau bahkan mati.

Menurut para ahli dan pengamatan citra satelit, kompleks pantai pribadi milik Kim di pantai timur negara itu, dipenuhi dengan vila-vila. Tempat itu punya banyak fasilitas seperti pantai pribadi, lapangan basket, dan stasiun kereta pribadi.

 

Tahun lalu, sebuah landasan terbang diratakan untuk membangun jalur pacuan kuda. Yang tak kalah mewah, di sana juga ada tempat penyimpanan kapal pesiar mewah Kim's Princess 95 yang ditaksir senilai 10,7 juta dolar AS.

"Ini salah satu rumah favoritnya," kata pakar kepemimpinan Korea Utara dari Stimson Center, Michael Madden dikutip ABC News. Ia meyakini Kim punya sekitar 13 tempat persinggahan penting di negaranya. Meskipun hanya sekitar setengahnya saja yang sering digunakan. 

Wonsan menjadi tempat yang masuk akal untuk ditempati sementara oleh Kim karena dari sana bisa kembali dengan cepat ke Pyongyang, dengan menggunakan kereta pribadinya. Kata Madden dari Wonsan ia juga bisa menggunakan jalan raya khusus untuk digunakan keluarga Kim atau pejabat tinggi.

Kota itu merupakan simbol dinasti Kim. Di sanalah Kim Il Sung membangun Korea Utara pada akhir masa pemerintahan kolonial Jepang pada 1945. Ia pertama kali mendarat di sana dengan pasukan Soviet untuk mengambil alih negara.