Produsen Vaksin COVID-19 Moderna Tergetkan Otorisasi Vaksin Anak di Eropa
Vaksin Moderna. (Wikimedia Commons/Navy Medicine)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen vaksin COVID-19 Moderna tengah menanti persetujuan dari regulator medis Uni Eropa, terkait pemberian vaksin COVID-19 untuk anak-anak.

Vaksin yang tersedia di Eropa saat ini diperuntukan bagi usia 18 tahun ke atas. Namun, belum lama ini Moderna menyebut vaksin mereka 96 persen efektif untuk anak-anak berusia 12-17 tahun.

Kepala Eksekutif Moderna Stephane Bancel mengatakan kepada surat kabar Prancis Le Journal Du Dimanche, perusahaan akan mengajukan permohonannya sendiri ke European Medicines Agency (EMA) bulan depan.

"Hasil yang ideal adalah anak-anak di negara-negara seperti Prancis akan divaksinasi pada Agustus. Jika kita tidak melakukan vaksinasi secara masif, risiko gelombang keempat tidak bisa dikesampingkan," terangnya melansir Euronews, Senin 24 Mei.

Hasil uji coba Moderna menunjukkan kemanjuran 96 persen dalam penelitian yang melibatkan lebih dari 3.200 anak muda. Tidak ada efek samping yang serius, meskipun beberapa anak menderita sakit kepala, menggigil dan kelelahan setelah dosis kedua.

Selain itu, Moderna menjalankan uji coba terpisah bahkan untuk anak-anak yang lebih kecil, berusia antara enam bulan dan 12 tahun. Peserta dalam uji coba itu diberi dosis pertama mereka pada Bulan Maret dan para ilmuwan belum melaporkan hasilnya.

Terpisah, Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bulan ini, negara-negara kaya harus menyumbangkan dosis cadangan ke skema COVAX global, daripada memberikannya kepada anak-anak.

"Saya mengerti mengapa beberapa negara ingin memvaksinasi anak-anak dan remaja mereka. Tetapi sekarang saya mendorong mereka untuk mempertimbangkan kembali dan sebagai gantinya menyumbangkan vaksin ke COVAX," tukas Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Komentar ini muncul Komentarnya muncul setelah vaksin Pfizer disetujui untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat. Sementara, di Eropa vaksin ini belum mendapat persetujuan EMA.

EMA mengatakan, mereka berharap dapat mengeluarkan keputusan terkait pemakaian vaksin Pfizer untuk anak-anak di Eropa bulan depan.

Untuk diketahui, saat ini vaksin Pfizer tersedia untuk usia di atas 16 tahun di Eropa. Sementara, vaksin Moderna, Johnson & Johnson dan AstraZeneca telah disetujui untuk usia di atas 18 tahun.