Kerumunan Ultah Gubernur Khofifah Jadi Sorotan, Plh Sekdaprov Jatim Beri Penjelasan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa/ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Pesta ulang tahun ke-56 Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menimbulkan kerumunan viral. 

Plh Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono menyebut acara tersebut merupakan inisiatifnya untuk mengundang anak yatim dan lainnya, pada Rabu malam, 19 Mei.

Acara tersebut juga diikuti kalangan terbatas yaitu beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim, petugas Grahadi dengan total 50 orang. Sedangkan kapasitas halaman Grahadi bisa mencapai 2 ribu orang. 

"Kami bersama beberapa kepala OPD berinisiatif merayakan tasyakuran HUT Ibu Gubernur dengan mengundang anak yatim," kata Heru, di Surabaya, Jumat, 21 Mei 2021.

Heru menjelaskan, perayaan ultah Khofifah telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat. Selain itu, Kepala OPD Pemprov Jatim yang ikut hadir selama ini secara rutin, maksimal sebulan sekali melakukan tes swab PCR, dan saat ini tidak ada yang terkonfirmasi COVID-19. Apalagi, semuanya juga sudah menuntaskan vaksinasi COVID-19 sebanyak dua kali. 

Sedangkan, untuk para anak yatim yang diundang juga sebelumnya telah dilakukan screening terlebih dahulu lewat swab antigen, dan telah dipastikan hasilnya negatif. 

"Jadi, memang kegiatannya sangat terbatas dan hanya untuk Kepala OPD saja yang jumlahnya 30 orang," katanya. 

Heru menyatakan acara tasyakuran itu sengaja dilaksanakan di ruang terbuka tepatnya di halaman rumah dinas Gubernur yang cukup luas. Tujuannya untuk menjaga sirkulasi udara dan keamanan, sehingga bisa meminimalkan terjadinya kemungkinan penularan. 

"Kalau pun terdapat beberapa foto yang mungkin dimiliki masyarakat, di mana hadirin tampak ada yang melepas masker, hal tersebut dikarenakan sedang makan. Foto-foto yang diunggah ke beberapa media bukanlah kondisi sesungguhnya pada saat kegiatan tasyakuran ulang tahun Gubernur Khofifah Rabu malam," katanya.

Sementara untuk hidangan yang disajikan, kata Heru, makanan tersebut berasal dari katering yang biasa menyiapkan menu di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Sementara petugas penyajinya juga secara berkala dan rutin swab PCR.

"Terkait penyanyi Katon Bagaskara, memang kebetulan beliau teman baik saya, dan dia datang untuk ikut menyampaikan selamat secara langsung kepada Ibu Gubernur. Di akhir acara, Mas Katon menyumbangkan lagu untuk Ibu Gubernur hanya sekadar untuk menambah keceriaan acara," ujarnya.

Sebelumnya, video suasana pesta ulang tahun berdurasi kurang dari 1 menit viral di jejaring media sosial sejak Kamis, 20 Mei 2021. Video itu menggambarkan suasana pesta hari ulang tahun Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.