Jokowi Harap Tol Trans Sumatera Tingkatkan Daya Saing Produk Dalam Negeri
Jalan tol trans Sumatera/Tangkapan layar

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang. Di sana, Jokowi memantau perkembangan pembangunan konstruksi jalan tol sepanjang 40 kilometer yang termasuk ke dalam jaringan Tol Trans Sumatera tersebut.

"Pagi hari ini saya mengunjungi dan melihat progres perkembangan pembangunan jalan Tol Trans Sumatera di ruas Dumai-Pekanbaru dan ini berada di sirip Pekanbaru, Pangginang, dan nanti ke arah Padang," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 19 Mei.

Jokowi menyebut progres pembangunan ruas tol ini sudah berjalan kurang lebih 40 kilometer. Ia berharap progres konstruksi segera selesai.

Jika penambahan ruas tol segera rampung, kata Jokowi, mobilitas barang dan pergerakan orang dilakukan dengan lebih mudah. Sehingga, hal itu bisa meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

"Dengan terbukanya banyak ruas jalan tol ini, kita harpkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat dan produk-produk yang ada baik, di provinsi Riau dan Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk negara lain," jelas Jokowi.

Sebagai informasi, proyek Jalan Tol Trans-Sumatera, dicanangkan sebagai proyek prioritas dan strategis (major project) dalam RPJMN 2020-2024. Selain sebagai major project, Presiden juga telah menetapkan ruas-ruas Tol Trans Sumatera sebagai Proyek Strategis Nasional dalam Perpres 109 Tahun 2020.

Jalan Tol Trans Sumatera dirancang untuk menghubungkan wilayah di sepanjang Pulau Sumatera dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2.987 kilometer.

Di Sumatera Selatan, terdapat beberapa ruas tol yang sedang dibangun, di antaranya ruas Simpang Indralaya-Muara Enim sepanjang 126,7 km yang melewati Ogan Ilir, Muara Enim, dan Prabumulih.

Ruas Palembang-Betung, sebagai bagian dari ruas Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 69 km yang melewati Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Pelembang, dan Banyuasin, dan ruas Betung-Tempino-Jambi sepanjang 134 km yang melewati Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Muaro Jambi.