Gempa Tektonik 3,4 M Guncang Padang Sidimpuan Sumut
Gempa di Padang/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 3,4 di kedalaman 2 km mengguncang Kota Padang Sidimpuan, Sumatera Utara, dan sekitarnya pada Selasa pukul 05.40 WIB

Pusat gempa berada pada koordinat 1.53 LU, dan 99.24 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Barat Daya Tapanuli Selatan, Sumut. 

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, Sistem Sesar Sumatera pada Segmen Toru.

 

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Padang Sidimpuan dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 06.30 WIB, hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Demikian dilansir Antara, Selasa, 18 Mei.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.